Cara Membuat Sambal Ayam Geprek

Posted on

Inilah Cara Membuat Sambal Ayam Geprek salah satu yang populer di internet. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Membuat Sambal Ayam Geprek

Kamu suka dengan sambal ayam geprek? Bagaimana kalau kali ini kamu mencoba membuatnya sendiri di rumah? Berikut ini adalah resep yang mudah dan praktis untuk membuat sambal ayam geprek yang enak dan pedas.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Sebelum kita memulai proses memasak, pastikan bahan-bahan yang dibutuhkan telah tersedia di dapur. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 500 gram ayam fillet, potong sesuai selera
  • 1 sendok makan air asam jawa
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 5 buah cabai rawit, haluskan
  • 5 buah cabai merah, haluskan
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh kaldu bubuk
  • Minyak goreng secukupnya
  • Tepung terigu secukupnya
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • Daun seledri secukupnya, iris halus
  • Jeruk nipis secukupnya

Cara membuat ayam geprek:

Setelah bahan-bahan tersedia, mari kita mulai membuat ayam geprek:

1. Ayam geprek:

Pertama-tama, lumuri ayam fillet dengan air asam jawa, bawang putih yang telah dihaluskan, garam, gula, dan kaldu bubuk. Diamkan selama 30 menit supaya bumbu meresap ke dalam daging ayam.

Selanjutnya, gulingkan ayam fillet ke dalam tepung terigu, kemudian celupkan ke dalam telur yang sudah dikocok lepas. Goreng ayam hingga kuning kecoklatan dan matang.

2. Sambal ayam geprek:

Untuk membuat sambal geprek, panaskan minyak goreng di wajan. Tumis bawang putih yang telah dihaluskan hingga harum.

Masukkan cabai rawit dan cabai merah yang telah dihaluskan ke dalam wajan. Tambahkan garam, gula, dan kaldu bubuk. Aduk rata hingga bumbu tercampur sempurna.

Setelah itu, angkat sambal dan letakkan di wadah terpisah. Sambal ayam geprek siap disajikan.

3. Ayam geprek yang lezat:

Untuk mendapatkan ayam geprek yang lezat, geprek ayam yang telah digoreng dengan cara menumbuknya dengan ulekan atau palu daging. Kemudian, letakkan ayam di atas piring, berikan sambal di atasnya, dan taburi dengan daun seledri yang telah diiris halus. Sajikan ayam geprek dengan irisan jeruk nipis sebagai pelengkap.

Itulah tadi resep dan cara membuat sambal ayam geprek yang enak dan pedas. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Sekarang, mungkin ada beberapa pertanyaan yang muncul di kepala kamu terkait sambal ayam geprek. Berikut adalah beberapa jawaban untuk pertanyaan yang sering diajukan:

1. Apa bedanya sambal ayam geprek dengan sambal ayam penyet?

Sambal ayam geprek dan sambal ayam penyet memang terlihat mirip, namun ada perbedaan dalam cara penyajiannya. Ayam geprek disajikan dengan ayam fillet yang digoreng dan di geprek, sedangkan ayam penyet disajikan dengan ayam utuh yang dihaluskan dengan cobek atau ulekan.

2. Bagaimana cara membuat sambal ayam geprek yang lebih pedas?

Jika kamu ingin membuat sambal ayam geprek yang lebih pedas, kamu bisa menambahkan jumlah cabai rawit dan cabai merah yang dihaluskan. Kamu juga bisa menambahkan cabai bubuk atau cabe giling untuk membuatnya lebih pedas.

3. Apa yang bisa dijadikan pelengkap sambal ayam geprek?

Selain daun seledri dan jeruk nipis, kamu juga bisa menambahkan irisan tomat atau mentimun sebagai pelengkap sambal ayam geprek. Beberapa orang juga menyajikan nasi putih dan kerupuk sebagai pelengkap.

Terima kasih sudah membaca Cara Membuat Sambal Ayam Geprek ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :