Cara Membuat Sambal Goreng Kentang

Posted on

Inilah Cara Membuat Sambal Goreng Kentang salah satu yang populer di internet. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Membuat Sambal Goreng Kentang

Cara Membuat Sambal Goreng Kentang Sambal goreng kentang adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang terbuat dari kentang yang digoreng dan dicampur dengan bumbu-bumbu rempah. Hidangan ini biasanya disajikan sebagai lauk pendamping nasi. Sambal goreng kentang memiliki cita rasa yang gurih dan pedas. Berikut adalah resep cara membuat sambal goreng kentang yang mudah dan enak.

Bahan-bahan

Untuk membuat sambal goreng kentang, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut: – 500 gram kentang – 5 butir bawang merah – 3 siung bawang putih – 5 buah cabai merah – 2 lembar daun salam – 2 lembar daun jeruk – 1 sdt garam – 1 sdt gula merah – 1 sdt terasi – 1/2 sdt ketumbar – 1/2 sdt jintan – 1/2 sdt merica – Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat sambal goreng kentang: 1. Kupas kentang dan potong-potong sesuai selera. Goreng kentang dalam minyak panas hingga matang dan kecoklatan. Tiriskan kentang dari minyak goreng dan sisihkan. 2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, terasi, garam, gula merah, ketumbar, jintan, dan merica. 3. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bumbu halus, daun salam, dan daun jeruk hingga harum. 4. Masukkan kentang yang sudah digoreng ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu. Masak selama 5-10 menit hingga bumbu meresap ke dalam kentang. 5. Sajikan sambal goreng kentang hangat sebagai lauk pendamping nasi.

Tips Membuat

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat sambal goreng kentang yang enak dan lezat: – Pilih kentang yang berkulit tipis dan tidak berkecambah. – Potong kentang dalam ukuran yang sama agar matangnya merata. – Goreng kentang dalam minyak panas yang banyak agar matangnya merata dan berwarna kecoklatan. – Haluskan bumbu dengan blender atau cobek agar bumbu meresap ke dalam kentang dengan baik. – Jangan terlalu banyak menggunakan terasi karena terasi memiliki rasa yang kuat dan bisa mengalahkan rasa kentang.

Variasi Sambal Goreng Kentang

Anda bisa menambahkan bahan-bahan lain ke dalam sambal goreng kentang, seperti telur, tahu, atau tempe. Anda juga bisa menambahkan santan untuk membuat sambal goreng kentang yang lebih kental dan gurih. People Also Ask: – Bagaimana cara membuat sambal goreng kentang yang pedas? Untuk membuat sambal goreng kentang yang pedas, tambahkan lebih banyak cabai merah atau gunakan cabai rawit. – Apakah sambal goreng kentang bisa disimpan? Ya, sambal goreng kentang bisa disimpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas selama 2-3 hari. – Apa yang bisa dijadikan pengganti terasi? Jika Anda tidak suka terasi, Anda bisa menggunakan udang kering yang dihaluskan sebagai pengganti terasi.

Terima kasih sudah membaca Cara Membuat Sambal Goreng Kentang ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :