Cara Membuat Sambal Hijau Ayam Geprek

Posted on

Inilah Cara Membuat Sambal Hijau Ayam Geprek salah satu yang populer di internet. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Kamu wajib simak di bawah ini.

Cara Membuat Sambal Hijau Ayam Geprek

Kamu yang suka makan ayam geprek pasti tidak asing dengan sambal hijau yang biasanya disajikan sebagai pelengkap. Sambal hijau ayam geprek memiliki rasa yang segar dan pedas yang meningkatkan selera makanmu. Berikut adalah resep cara membuat sambal hijau ayam geprek yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat sambal hijau ayam geprek, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • 10 buah cabe hijau besar
  • 6 siung bawang putih
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 100 ml minyak goreng

Cara Membuat

Setelah semua bahan tersedia, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat sambal hijau ayam geprek:

1. Cuci bersih semua bahan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencuci bersih semua bahan yang akan digunakan. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel pada bahan-bahan tersebut.

2. Goreng cabe hijau dan bawang putih

Panaskan minyak goreng dalam wajan dan goreng cabe hijau dan bawang putih hingga matang dan berwarna kecoklatan. Tiriskan cabe hijau dan bawang putih yang sudah digoreng.

3. Tumis daun jeruk

Tumis daun jeruk hingga harum. Kemudian masukkan cabe hijau dan bawang putih yang sudah digoreng dan tumis hingga semua bahan tercampur rata. Angkat dan tiriskan bahan-bahan tersebut.

4. Haluskan semua bahan

Haluskan semua bahan yang sudah digoreng dan ditumis tadi dengan menggunakan blender atau cobek hingga halus dan tercampur rata.

5. Tambahkan garam, gula, dan air jeruk nipis

Tambahkan garam, gula, dan air jeruk nipis ke dalam adonan sambal hijau ayam geprek yang sudah dihaluskan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dan sambal hijau siap disajikan.

Cara penyajian

Sambal hijau ayam geprek siap disajikan sebagai pelengkap pada saat kamu menyajikan ayam geprek. Kamu juga bisa menambahkan irisan tomat atau timun untuk menambah kesegaran dan kelezatan sambal hijau ayam geprek tersebut.

Jangan lupa untuk mencicipi sambal hijau ayam geprek yang kamu buat dan sesuaikan rasa sesuai dengan selera. Selamat mencoba!

People also ask

1. Apa itu sambal hijau ayam geprek?

Sambal hijau ayam geprek adalah sambal yang biasanya disajikan sebagai pelengkap pada saat menyajikan ayam geprek. Sambal ini memiliki rasa segar dan pedas yang meningkatkan selera makan.

2. Bagaimana cara membuat sambal hijau ayam geprek?

Untuk membuat sambal hijau ayam geprek, kamu akan membutuhkan cabe hijau besar, bawang putih, daun jeruk, garam, gula pasir, air jeruk nipis, dan minyak goreng. Langkah-langkahnya antara lain mencuci bersih semua bahan, menggoreng cabe hijau dan bawang putih, menumis daun jeruk, menghaluskan semua bahan, dan menambahkan garam, gula, dan air jeruk nipis ke dalam adonan sambal hijau ayam geprek.

3. Apa yang bisa ditambahkan untuk menyajikan sambal hijau ayam geprek?

Kamu bisa menambahkan irisan tomat atau timun untuk menambah kesegaran dan kelezatan sambal hijau ayam geprek.

Terima kasih sudah membaca Cara Membuat Sambal Hijau Ayam Geprek ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :