Resep Aneka Kue Basah Tradisional

Posted on

Resep Aneka Kue Basah Tradisional salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Aneka Kue Basah Tradisional

Kue basah tradisional merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sangat beragam jenisnya. Setiap daerah memiliki kekhasan masing-masing dalam menciptakan kue basah tradisional yang lezat dan menggugah selera. Sebagai seorang koki profesional, saya ingin berbagi resep aneka kue basah tradisional yang bisa kamu coba di rumah.

Kue Lumpur

Kue Lumpur adalah kue basah yang terbuat dari bahan tepung ketan, gula, garam, santan, dan telur. Kue Lumpur biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya. Untuk membuat kue Lumpur, pertama-tama campurkan tepung ketan, gula, dan garam dalam sebuah wadah. Kemudian, tambahkan santan dan telur ke dalam campuran tersebut. Aduk rata hingga adonan tercampur sempurna.

Kue Talam

Kue Talam adalah kue basah yang terbuat dari bahan tepung beras, air, gula, santan, daun pandan, dan air kapur sirih. Untuk membuat kue Talam, pertama-tama campurkan tepung beras, gula, dan air dalam sebuah wadah. Kemudian, tambahkan santan dan daun pandan ke dalam campuran tersebut. Aduk rata hingga adonan tercampur sempurna. Setelah itu, tambahkan air kapur sirih dan aduk rata kembali.

Kue Lapis

Kue Lapis adalah kue basah yang terbuat dari bahan tepung beras, tepung sagu, gula, santan, air, dan pewarna makanan. Untuk membuat kue Lapis, pertama-tama campurkan tepung beras, tepung sagu, gula, santan, dan air dalam sebuah wadah. Kemudian, bagi campuran tersebut menjadi beberapa bagian dan tambahkan pewarna makanan pada masing-masing bagian. Aduk rata hingga adonan tercampur sempurna.

Kue Klepon

Kue Klepon adalah kue basah yang terbuat dari bahan ketan, gula merah, kelapa parut, dan air. Untuk membuat kue Klepon, pertama-tama campurkan ketan dengan air hingga adonan bisa dipulung. Kemudian, bentuk adonan menjadi bola-bola kecil dan beri isian gula merah di dalamnya. Setelah itu, rebus bola-bola ketan dalam air mendidih hingga bola-bola tersebut mengapung. Angkat dan gulingkan bola-bola ketan dalam kelapa parut.

People also ask, apa saja jenis-jenis kue basah tradisional Indonesia?

Jawabannya, ada banyak jenis kue basah tradisional Indonesia. Beberapa di antaranya adalah kue Lumpur, kue Talam, kue Lapis, kue Klepon, kue Putu Ayu, kue Dadar Gulung, dan masih banyak lagi.

Terima kasih sudah membaca Resep Aneka Kue Basah Tradisional ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :