Resep Atau Bahan Dan Cara Membuat Kue Kembang Goyang

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Atau Bahan Dan Cara Membuat Kue Kembang Goyang salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Atau Bahan Dan Cara Membuat Kue Kembang Goyang

Kue kembang goyang merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat populer dan terkenal. Kue ini berbahan dasar dari tepung terigu dan gula pasir yang kemudian diolah dengan cara digoreng. Rasanya yang gurih dan renyah membuat kue kembang goyang sangat disukai oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Berikut ini adalah resep atau bahan dan cara membuat kue kembang goyang yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan kue kembang goyang, pastikan Anda menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah beberapa bahan-bahan yang harus disiapkan:

  • 250 gram tepung terigu protein rendah
  • 50 gram tepung sagu
  • 150 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • 1/4 sendok teh garam
  • 250 ml air matang
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat adonan kue kembang goyang

Setelah semua bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah membuat adonan kue kembang goyang. Berikut ini adalah cara membuat adonan kue kembang goyang:

  1. Siapkan wadah dan masukkan tepung terigu protein rendah, tepung sagu, dan gula pasir. Aduk rata.
  2. Tambahkan telur dan garam ke dalam adonan. Aduk rata hingga tercampur sempurna.
  3. Tuang air sedikit-sedikit ke dalam adonan sambil terus diaduk hingga adonan menjadi lembut dan tidak bergerindil.
  4. Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit.

Cara menggoreng kue kembang goyang

Setelah adonan kue kembang goyang siap, langkah selanjutnya adalah menggoreng kue tersebut. Berikut ini adalah cara menggoreng kue kembang goyang:

  1. Panaskan minyak goreng dalam wajan hingga benar-benar panas.
  2. Ambil adonan kue kembang goyang menggunakan sendok sayur dan tuang ke dalam wajan dengan jarak yang cukup agar tidak saling menempel.
  3. Goreng adonan hingga kue berwarna kecoklatan dan matang merata. Angkat kue dan tiriskan.
  4. Ulangi langkah 2-3 sampai adonan habis.
Cara menyajikan kue kembang goyang

Setelah kue kembang goyang matang, kue tersebut siap untuk disajikan. Anda bisa menambahkan topping sesuai selera, seperti keju parut atau cokelat meleleh. Kue kembang goyang juga bisa disimpan dalam wadah tertutup untuk menghindari kue menjadi lembab.

Mungkin beberapa orang merasa kesulitan dalam membuat kue kembang goyang. Ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh orang-orang ketika membuat kue tersebut. Beberapa pertanyaan tersebut adalah:

  • Apakah tepung terigu protein rendah bisa diganti dengan tepung terigu protein tinggi?
  • Berapa lama adonan kue kembang goyang harus didiamkan?
  • Apakah kue kembang goyang bisa disimpan dalam kulkas?

Untuk pertanyaan pertama, sebaiknya menggunakan tepung terigu protein rendah agar kue kembang goyang tidak terlalu keras. Untuk pertanyaan kedua, adonan kue kembang goyang sebaiknya didiamkan selama 30 menit agar adonan mengembang dan kue menjadi lebih empuk. Sedangkan untuk pertanyaan ketiga, sebaiknya tidak menyimpan kue kembang goyang dalam kulkas karena bisa membuat kue menjadi lembab dan tidak renyah. Lebih baik menyimpan dalam wadah tertutup pada suhu ruangan agar kue tetap renyah.

Terima kasih sudah membaca Resep Atau Bahan Dan Cara Membuat Kue Kembang Goyang ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :