Resep Bolu Kukus Tanpa Baking Powder Dan Soda Kue

Posted on

Resep Bolu Kukus Tanpa Baking Powder Dan Soda Kue salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Bolu Kukus Tanpa Baking Powder Dan Soda Kue

Kue bolu kukus menjadi salah satu jenis kue yang disukai oleh banyak orang. Selain rasanya yang lezat, kue bolu kukus juga sangat mudah untuk dibuat. Namun, banyak orang yang menghindari penggunaan baking powder dan soda kue dalam pembuatan kue bolu kukus karena khawatir akan dampaknya bagi kesehatan. Nah, jika kamu juga ingin membuat kue bolu kukus tanpa menggunakan baking powder dan soda kue, simaklah resep berikut ini.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan kue bolu kukus tanpa baking powder dan soda kue, pastikan kamu menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

  • 5 butir telur ayam
  • 150 gram gula pasir
  • 200 gram tepung terigu
  • 1 sendok teh baking soda
  • 1/4 sendok teh garam
  • 200 ml susu cair
  • 100 ml minyak goreng
  • Pewarna makanan (opsional)

Cara Membuat

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat kue bolu kukus tanpa baking powder dan soda kue:

1. Kocok Telur dan Gula

Pertama-tama, kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer hingga mengembang dan berwarna putih pucat. Kamu bisa menggunakan mixer dengan kecepatan sedang hingga cepat.

2. Campurkan Tepung Terigu, Baking Soda, dan Garam

Campurkan tepung terigu, baking soda, dan garam dalam satu wadah. Aduk rata menggunakan saringan agar tidak ada gumpalan.

3. Masukkan Tepung Terigu ke dalam Adonan Telur

Tuangkan sedikit-sedikit campuran tepung terigu ke dalam adonan telur sambil terus diaduk menggunakan spatula. Aduk perlahan hingga semua bahan tercampur rata.

4. Tambahkan Susu Cair dan Minyak Goreng

Tuangkan susu cair dan minyak goreng ke dalam adonan sedikit-sedikit sambil terus diaduk menggunakan spatula. Aduk perlahan hingga semua bahan tercampur rata. Kamu juga bisa menambahkan pewarna makanan jika ingin membuat kue bolu kukus yang berwarna.

5. Tuang Adonan ke dalam Loyang Kue

Tuang adonan ke dalam loyang kue yang sudah diolesi margarin dan ditaburi tepung terigu. Pastikan loyang kue diisi hingga 3/4 bagian saja agar adonan tidak meluap saat dikukus.

6. Kukus Adonan Kue Bolu

Letakkan loyang kue di dalam panci kukus yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Kukus adonan kue bolu selama 30-40 menit dengan api sedang hingga matang. Untuk memastikan kue sudah matang, kamu bisa melakukan tes tusuk menggunakan tusuk gigi. Jika tusuk gigi keluar bersih, itu artinya kue sudah matang.

7. Angkat Kue Bolu Kukus dari Loyang

Setelah kue bolu kukus sudah matang, angkat loyang kue dari dalam panci kukus. Biarkan kue dingin terlebih dahulu sebelum dihidangkan.

Tips dan Trik

Agar kue bolu kukus tanpa baking powder dan soda kue yang kamu buat bisa lembut dan empuk, ada beberapa tips dan trik yang perlu kamu ketahui:

  • Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan berwarna putih pucat agar kue bisa mengembang dengan baik.
  • Gunakan tepung terigu yang sudah diayak agar tidak ada gumpalan.
  • Setelah dituangkan ke dalam loyang, adonan kue bolu kukus tidak perlu diaduk lagi supaya tidak kehilangan udara.
  • Kukus adonan kue bolu kukus dengan api sedang agar matang secara merata.

Jangan khawatir jika kamu belum berhasil membuat kue bolu kukus tanpa baking powder dan soda kue yang lembut dan empuk. Kamu bisa mencoba resep ini beberapa kali hingga berhasil. Selamat mencoba!

People also ask:

Q: Apa bedanya kue bolu kukus dengan baking powder dan kue bolu kukus tanpa baking powder dan soda kue?
A: Kue bolu kukus dengan baking powder memiliki rasa yang lebih ringan dan tekstur yang lebih empuk dibandingkan dengan kue bolu kukus tanpa baking powder dan soda kue. Namun, kue bolu kukus tanpa baking powder dan soda kue lebih sehat karena tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya.

Terima kasih sudah membaca Resep Bolu Kukus Tanpa Baking Powder Dan Soda Kue ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :