Resep Buat Kue Padamaran Khas Jambi

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Buat Kue Padamaran Khas Jambi salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Buat Kue Padamaran Khas Jambi

Kamu pecinta kue tradisional? Atau mungkin kamu sedang mencari resep kue khas Jambi? Jika iya, kamu berada di tempat yang tepat. Kali ini, saya akan membagikan resep buat kue padamaran khas Jambi yang sangat lezat dan mudah untuk diikuti. Kue ini memiliki rasa yang manis dan gurih, serta tekstur yang lembut dan empuk. Yuk, simak resepnya di bawah ini!

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat kue padamaran, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 500 gram tepung ketan
  • 250 ml santan kental
  • 200 gram gula merah, disisir halus
  • 1 sendok teh garam
  • 5 lembar daun pandan, diikat simpul
  • 200 ml air matang
  • 100 gram kelapa parut, kukus dan beri sedikit garam

Cara Membuat

Setelah semua bahan telah disiapkan, langkah selanjutnya adalah membuat adonan kue padamaran. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Campurkan Tepung Ketan dan Santan

Pertama-tama, campurkan tepung ketan dan santan kental dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga adonan menjadi lembut dan tidak bergerindil. Setelah itu, diamkan adonan selama 30 menit agar tepung ketan dapat menyerap santan dengan baik.

2. Rebus Gula Merah dan Air Matang

Sambil menunggu adonan, kamu bisa mulai merebus gula merah, daun pandan, garam dan air matang dalam sebuah panci. Aduk-aduk hingga gula merah larut dan semua bahan tercampur dengan baik. Setelah itu, angkat dari api dan saring untuk mendapatkan larutan gula merah yang bening.

3. Masukkan Adonan ke Dalam Loyang

Setelah adonan diistirahatkan selama 30 menit, masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi minyak goreng. Ratakan adonan menggunakan spatula atau sendok hingga permukaan adonan menjadi halus dan rata.

4. Panggang Adonan di Dalam Oven

Setelah itu, panggang adonan di dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu sekitar 180 derajat Celsius selama 15-20 menit. Setelah matang, angkat loyang dari oven dan dinginkan sejenak.

5. Potong-potong Adonan

Setelah adonan dingin, potong-potong adonan menjadi ukuran yang diinginkan. Kemudian, celupkan potongan kue ke dalam larutan gula merah yang sudah disaring tadi. Angkat dan tiriskan.

6. Taburi Kelapa Parut di Atas Kue

Terakhir, taburi kue dengan kelapa parut yang sudah dikukus dan diberi sedikit garam. Kue padamaran khas Jambi siap disajikan dan dinikmati.

Keunikan Kue Padamaran

Kue padamaran memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dengan kue tradisional lainnya. Salah satu keunikan tersebut adalah penggunaan santan kental yang membuat kue menjadi lebih lembut dan gurih. Selain itu, kue ini juga memiliki aroma harum dari daun pandan dan rasa manis dari gula merah yang membuat lidah kamu bergoyang.

People also ask, apa itu kue padamaran khas Jambi? Kue padamaran adalah kue tradisional khas Jambi yang terbuat dari tepung ketan dan gula merah. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan empuk, serta rasa yang manis dan gurih. Biasanya, kue ini disajikan pada saat acara adat atau perayaan tertentu di Jambi. Bagaimana cara membuat kue padamaran khas Jambi? Kamu bisa mengikuti resep di atas yang sudah saya bagikan. Pastikan kamu menyiapkan semua bahan-bahan dan mengikuti langkah-langkahnya dengan benar agar kue padamaran yang kamu buat berhasil dan enak.

Terima kasih sudah membaca Resep Buat Kue Padamaran Khas Jambi ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :