Resep Kue Awuk Awuk Ketan

Posted on

Resep Kue Awuk Awuk Ketan salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Kue Awuk Awuk Ketan

Kue awuk awuk ketan adalah salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang terbuat dari ketan yang dibentuk menjadi bola-bola kecil dan dicampur dengan kelapa parut serta gula merah cair. Kue ini sangat populer di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Berikut adalah resep lengkap untuk membuat kue awuk awuk ketan yang lezat.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat kue awuk awuk ketan, Anda memerlukan beberapa bahan utama, yaitu:

  • 500 gram ketan putih, rendam dalam air selama minimal 2 jam
  • 200 ml air daun pandan
  • 150 gram gula merah, serut halus
  • 200 gram kelapa parut kasar
  • 1/2 sendok teh garam
  • Daun pisang untuk membungkus

Cara Membuat Air Daun Pandan

Untuk membuat air daun pandan, Anda memerlukan sekitar 20 helai daun pandan segar dan 200 ml air. Cuci bersih daun pandan, lalu potong-potong kecil dan masukkan ke dalam blender. Tambahkan air, lalu blender sampai halus. Saring air daun pandan dengan saringan halus dan siap digunakan.

Cara Membuat Adonan Ketan

Pertama-tama, tiriskan ketan yang telah direndam. Kemudian, kukus ketan selama sekitar 20-25 menit sampai matang dan kenyal. Setelah itu, angkat dan letakkan ketan di dalam wadah. Tambahkan garam dan aduk rata. Setelah itu, tuangkan air daun pandan sedikit-sedikit dan uleni adonan sampai kalis. Adonan ketan siap digunakan.

Cara Membuat Isian Gula Merah

Sambil menunggu ketan matang, Anda bisa membuat isian gula merah. Caranya, panaskan panci kecil dan masukkan serutan gula merah. Tambahkan sedikit air, lalu aduk sampai gula merah larut dan tercampur rata. Setelah itu, masukkan kelapa parut kasar ke dalam panci dan aduk rata. Tunggu hingga kelapa matang dan isian siap digunakan.

Selanjutnya, ambil sejumput adonan ketan dan pipihkan sampai setebal 1 cm. Letakkan isian gula merah di tengah adonan, lalu bentuk bola kecil dan rapatkan agar isian tidak tumpah. Lakukan hal yang sama untuk adonan ketan yang lain hingga habis.

Setelah itu, ambil selembar daun pisang dan buat wadah dengan cara melipat sisi kanan dan kiri daun, lalu gulungkan hingga membentuk wadah. Letakkan bola ketan yang sudah dibentuk di atas daun pisang, lalu lipat daun pisang hingga menutupi bola ketan. Lakukan hal yang sama untuk bola ketan yang lain.

Terakhir, kukus bola ketan selama 15-20 menit sampai matang. Angkat dan sajikan kue awuk awuk ketan yang lezat ini.

Bila Anda ingin menambahkan rasa yang lebih, Anda bisa menambahkan daun pandan atau pandan pasta ke dalam adonan ketan untuk memberikan aroma yang harum dan menambah citarasa.

People Also Ask: Bagaimana cara membuat kue awuk awuk ketan yang enak?

Jawaban: Untuk membuat kue awuk awuk ketan yang enak, pastikan ketan sudah direndam dan dikukus dengan sempurna agar matang dan kenyal. Isian gula merah juga harus dibuat dengan benar dan proporsi yang tepat. Jangan lupa untuk menggunakan kelapa parut kasar agar memberikan tekstur yang nikmat pada kue. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan daun pandan atau pandan pasta untuk memberikan aroma yang harum dan menambah citarasa.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Awuk Awuk Ketan ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :