Resep Kue Basah Tradisional Banjar

Posted on

Resep Kue Basah Tradisional Banjar salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Kue Basah Tradisional Banjar

Resep Kue Basah Tradisional Banjar Kue basah merupakan salah satu makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia, termasuk di daerah Banjar. Kue basah Banjar memiliki beragam jenis, mulai dari kue lapis, kue bugis, kue talam dan masih banyak lagi. Dalam artikel ini, saya akan membagikan resep kue basah tradisional Banjar yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat kue basah tradisional Banjar, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan: – 250 gram tepung ketan – 100 gram tepung terigu – 200 ml santan kental – 200 ml air daun pandan – 1/2 sendok teh garam – 200 gram gula merah, serut – 1 sendok teh air kapur sirih – Daun pisang secukupnya

Cara Membuat

Setelah semua bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah membuat kue basah tradisional Banjar. Berikut ini adalah cara membuatnya: 1. Siapkan wadah dan campurkan tepung ketan, tepung terigu, dan garam. Aduk rata. 2. Tambahkan santan sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur sempurna. 3. Tambahkan air daun pandan dan aduk kembali hingga rata. 4. Masukkan serutan gula merah dan aduk hingga gula merah larut. 5. Tambahkan air kapur sirih dan aduk kembali. 6. Ambil daun pisang dan letakkan di atas permukaan meja. 7. Ambil satu sendok sayur adonan dan letakkan di atas daun pisang. 8. Lipat daun pisang hingga adonan tertutup rapat. 9. Lakukan hal yang sama dengan adonan yang lain hingga habis. 10. Siapkan kukusan dan kukus kue basah selama 30-40 menit.

Penyajian

Setelah kue basah tradisional Banjar matang, segera angkat dan dinginkan terlebih dahulu. Setelah dingin, kue basah siap disajikan. Biasanya kue basah disajikan dengan teh manis atau kopi. Selamat menikmati!

People Also Ask

– Apa itu kue basah tradisional Banjar? Kue basah tradisional Banjar adalah makanan ringan yang terbuat dari bahan-bahan seperti tepung ketan, gula merah, santan, dan daun pisang. Kue ini biasanya dikukus dan disajikan sebagai camilan. – Bagaimana cara membuat kue basah tradisional Banjar? Untuk membuat kue basah tradisional Banjar, siapkan bahan-bahan seperti tepung ketan, tepung terigu, santan, air daun pandan, gula merah, dan air kapur sirih. Kemudian aduk semua bahan hingga tercampur rata, letakkan adonan di atas daun pisang, lalu kukus selama 30-40 menit. – Apa yang bisa disajikan bersama kue basah tradisional Banjar? Kue basah tradisional Banjar biasanya disajikan bersama teh manis atau kopi. Namun, Anda juga bisa menikmatinya dengan minuman lain seperti jus buah atau susu.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Basah Tradisional Banjar ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :