Resep Kue Batang Buruk Khas Melayu

Posted on

Resep Kue Batang Buruk Khas Melayu salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Kue Batang Buruk Khas Melayu

Kue batang buruk merupakan salah satu kue tradisional Melayu yang terkenal dengan rasa manis dan kenyalnya. Kue ini biasanya disajikan pada acara-acara tertentu seperti pernikahan, khitanan, dan hari raya. Jika kamu ingin mencoba membuat kue batang buruk khas Melayu, berikut adalah resepnya.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat kue batang buruk, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus kamu siapkan:

  • 500 gram tepung ketan
  • 500 ml air daun pandan
  • 400 ml santan kental
  • 300 gram gula merah, serut
  • 1 sendok teh garam
  • daun pisang untuk membungkus

Cara Membuat Air Daun Pandan

Untuk membuat air daun pandan, kamu hanya perlu mencuci bersih daun pandan dan memotongnya menjadi potongan kecil-kecil. Kemudian, masukkan potongan daun pandan ke dalam blender bersama dengan air. Blender hingga halus, kemudian saring air daun pandan menggunakan saringan kain bersih.

Cara Membuat Adonan Ketan

Pertama-tama, campurkan tepung ketan dengan air daun pandan dalam sebuah mangkuk. Aduk hingga tercampur rata dan adonan menjadi kalis. Setelah itu, ambil selembar daun pisang, lalu olesi permukaannya dengan sedikit minyak goreng. Ambil sejumput adonan ketan, lalu bentuk menjadi batang kecil-kecil dan letakkan di atas daun pisang yang telah diolesi minyak. Lakukan hal yang sama hingga adonan ketan habis.

Cara Membuat Kuah Gula Merah

Untuk membuat kuah gula merah, kamu perlu mencairkan gula merah serut dengan santan kental di dalam panci. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga gula benar-benar larut. Setelah itu, tambahkan garam dan aduk kembali hingga rata. Angkat kuah gula merah dari api dan biarkan dingin.

Setelah semua bahan siap, kamu bisa memulai proses pengukusan. Kukus kue batang buruk selama sekitar 30-40 menit atau hingga matang. Setelah matang, angkat dan biarkan dingin sejenak.

Terakhir, sajikan kue batang buruk dengan kuah gula merah yang telah kamu buat sebelumnya. Selamat menikmati!

Jadi, itulah resep kue batang buruk khas Melayu yang bisa kamu coba di rumah. Pastikan kamu mengikuti semua langkah dengan benar agar kue yang dihasilkan sempurna. Selamat mencoba!

People Also Ask:

Q: Apakah kue batang buruk hanya bisa dibuat dengan tepung ketan?

A: Ya, kue batang buruk khas Melayu hanya menggunakan tepung ketan sebagai bahan utamanya.

Q: Apa yang bisa digunakan sebagai pengganti daun pisang untuk membungkus kue batang buruk?

A: Kamu bisa menggunakan plastik makanan sebagai pengganti daun pisang untuk membungkus kue batang buruk.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Batang Buruk Khas Melayu ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :