Resep Kue Bingka Banjar Gula Merah

Posted on

Resep Kue Bingka Banjar Gula Merah salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Kue Bingka Banjar Gula Merah

Resep Kue Bingka Banjar Gula Merah Kue bingka banjar gula merah adalah salah satu makanan khas Kalimantan Selatan yang terkenal dengan rasa manis dan khas aroma gula merah. Bahan dasar yang digunakan adalah tepung ketan dan gula merah yang diolah dengan cara yang mudah. Berikut ini adalah resep kue bingka banjar gula merah yang dapat Anda coba di rumah.

Bahan-Bahan

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue bingka banjar gula merah adalah: – 250 gram tepung ketan – 200 gram gula merah, serut halus – 250 ml air hangat – 200 ml santan – 1/4 sendok teh garam – 3 lembar daun pandan, simpulkan

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kue bingka banjar gula merah: 1. Siapkan wadah dan campurkan tepung ketan, gula merah serut, dan garam. Aduk rata. 2. Tuangkan air hangat sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata. 3. Tambahkan santan sedikit-sedikit sambil diaduk hingga adonan tercampur rata. 4. Tambahkan daun pandan, aduk rata, dan diamkan selama 30 menit. 5. Panaskan oven suhu 180 derajat Celsius. 6. Setelah adonan didiamkan selama 30 menit, aduk kembali hingga rata. 7. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dioles dengan mentega atau margarin. 8. Panggang di dalam oven selama sekitar 40-45 menit hingga matang dan berwarna kecokelatan. 9. Angkat dan dinginkan sebelum dipotong dan disajikan.

Tips dan Trik

– Pastikan adonan diaduk rata saat ditambahkan air hangat dan santan agar tidak terjadi penggumpalan. – Untuk menambah aroma pandan yang lebih kuat, daun pandan dapat dipotong menjadi lebih kecil dan diremas-remas sebelum ditambahkan ke dalam adonan. – Jangan membuka oven terlalu sering saat memanggang kue agar suhu di dalam oven tetap stabil.

Penutup

Kue bingka banjar gula merah adalah salah satu kue yang cukup mudah dibuat dan cocok dijadikan camilan di berbagai acara. Selain rasanya yang manis dan khas, kue ini juga mengandung banyak nutrisi karena menggunakan bahan dasar tepung ketan. Jangan ragu untuk mencoba resep ini di rumah dan nikmati kelezatannya bersama keluarga dan teman. People also ask tentang kue bingka banjar gula merah: – Apakah tepung ketan bisa diganti dengan tepung lain? Jawab: Tidak, karena tepung ketan memiliki kandungan pati yang lebih tinggi sehingga membuat kue bingka banjar gula merah menjadi kenyal dan lembut. – Apakah gula merah bisa diganti dengan gula pasir? Jawab: Bisa, namun gula merah memberikan rasa khas yang tidak bisa digantikan oleh gula pasir. Jika menggunakan gula pasir, tambahkan sedikit air untuk menggantikan kelembapan gula merah. – Apakah kue bingka banjar gula merah bisa disimpan dalam waktu lama? Jawab: Bisa, kue ini dapat disimpan dalam wadah tertutup di suhu ruangan selama 2-3 hari atau di dalam kulkas selama 1 minggu. Sebelum disajikan, kue dapat dipanaskan kembali di dalam oven atau microwave.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Bingka Banjar Gula Merah ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :