Resep Kue Bolu Kukus Pandan Sederhana

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Bolu Kukus Pandan Sederhana salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Bolu Kukus Pandan Sederhana

Kue bolu kukus pandan adalah salah satu jenis kue yang cukup populer di Indonesia. Kue ini memiliki rasa yang lezat dan aroma yang harum sehingga sering dijadikan sebagai kue untuk acara-acara tertentu. Berikut adalah resep kue bolu kukus pandan sederhana yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat kue bolu kukus pandan, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang akan kamu gunakan:

  • 200 gram tepung terigu protein rendah
  • 150 gram gula pasir
  • 4 butir telur
  • 100 ml air daun pandan
  • 100 ml minyak sayur
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh garam
  • Pewarna makanan hijau secukupnya

Cara Membuat Air Daun Pandan

Untuk membuat air daun pandan, kamu perlu menyiapkan daun pandan segar sebanyak 10 lembar. Cuci bersih daun pandan dan potong-potong. Blender daun pandan dengan air bersih sebanyak 200 ml hingga halus. Saring air daun pandan yang sudah di-blender dan sisihkan.

Cara Membuat Adonan Kue Bolu Kukus Pandan

Untuk membuat adonan kue bolu kukus pandan, pertama-tama siapkan mangkuk besar dan masukkan telur dan gula pasir. Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan berwarna putih. Setelah itu, masukkan tepung terigu, baking powder, dan garam. Aduk-aduk hingga tercampur rata.

Selanjutnya, masukkan air daun pandan dan minyak sayur. Aduk lagi hingga semua bahan tercampur rata. Terakhir, tambahkan pewarna makanan hijau secukupnya. Aduk lagi hingga warna tercampur rata.

Cara Mengukus Kue Bolu Kukus Pandan

Setelah adonan siap, siapkan loyang kue bolu dan olesi dengan margarin atau mentega. Tuang adonan ke dalam loyang kue bolu dan ratakan permukaannya. Panaskan kukusan dan kukus adonan selama 30-40 menit atau hingga matang.

Setelah matang, keluarkan kue bolu kukus pandan dari kukusan dan biarkan dingin. Setelah dingin, kue bolu kukus pandan siap dihidangkan.

Itulah resep kue bolu kukus pandan sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba!

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan keamanan saat membuat kue. Pastikan kamu menggunakan bahan-bahan yang fresh dan berkualitas serta mematuhi instruksi yang ada pada resep. Dengan begitu, kue bolu kukus pandan yang kamu buat akan terasa lebih lezat dan aman untuk dikonsumsi.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang kue bolu kukus pandan:

  • 1. Apa bedanya tepung terigu protein rendah dan tinggi pada kue bolu kukus pandan?
  • 2. Apa yang harus dilakukan jika kue bolu kukus pandan tidak mengembang?
  • 3. Bagaimana cara membuat kue bolu kukus pandan yang empuk dan lembut?

Jawabannya:

  • 1. Tepung terigu protein rendah memiliki kadar protein yang lebih rendah dibandingkan dengan tepung terigu protein tinggi. Tepung terigu protein rendah cocok digunakan untuk membuat kue bolu kukus pandan karena menghasilkan tekstur yang lebih lembut.
  • 2. Jika kue bolu kukus pandan tidak mengembang, bisa jadi karena adonan terlalu padat atau karena baking powder yang digunakan sudah kadaluarsa. Pastikan untuk menggunakan baking powder yang masih fresh dan tidak terlalu banyak mengaduk adonan agar tidak terlalu padat.
  • 3. Untuk membuat kue bolu kukus pandan yang empuk dan lembut, pastikan adonan tercampur rata dan tidak terlalu padat. Selain itu, proses pengukusan juga harus dilakukan dengan benar agar kue matang merata dan tidak terlalu keras.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Bolu Kukus Pandan Sederhana ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :