Resep Kue Bolu Tape Singkong Panggang

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Bolu Tape Singkong Panggang salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Bolu Tape Singkong Panggang

Kue bolu tape singkong panggang adalah salah satu kue tradisional yang sangat populer di Indonesia. Kue ini terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti tape singkong, tepung terigu, telur dan gula. Rasanya yang manis dan legit membuat kue ini sangat cocok untuk disajikan sebagai camilan atau makanan pencuci mulut. Berikut adalah resep kue bolu tape singkong panggang yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan-bahan Kue Bolu Tape Singkong Panggang

Sebelum membuat kue bolu tape singkong panggang, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus disiapkan:

  • 200 gram tape singkong yang sudah dihaluskan
  • 150 gram tepung terigu
  • 150 gram gula pasir
  • 4 butir telur ayam
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 100 ml minyak sayur
  • 50 ml air matang

Cara Membuat Kue Bolu Tape Singkong Panggang

Setelah semua bahan-bahan siap, langkah selanjutnya adalah membuat adonan kue bolu tape singkong panggang. Berikut adalah cara membuatnya:

1. Campurkan Tepung Terigu dan Baking Powder

Pertama-tama, campurkan tepung terigu dan baking powder dalam satu wadah. Aduk hingga tercampur rata.

2. Kocok Telur dan Gula

Selanjutnya, kocok telur dan gula pasir dengan menggunakan mixer hingga mengembang dan berwarna putih pucat.

3. Tambahkan Tape Singkong

Setelah telur dan gula tercampur rata, tambahkan tape singkong yang sudah dihaluskan. Aduk hingga tercampur rata.

4. Tambahkan Tepung Terigu dan Baking Powder

Selanjutnya, tambahkan campuran tepung terigu dan baking powder ke dalam adonan telur dan tape singkong secara bertahap sambil terus diaduk hingga tercampur rata.

5. Tambahkan Minyak Sayur dan Air

Setelah itu, tambahkan minyak sayur dan air matang ke dalam adonan sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata.

6. Tuang Adonan ke Dalam Loyang

Setelah adonan tercampur rata, tuang adonan ke dalam loyang yang telah dioles dengan margarin dan ditaburi tepung terigu. Ratakan permukaan adonan dengan spatula.

7. Panggang Adonan

Setelah itu, panggang adonan dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu pada suhu 180 derajat Celsius selama sekitar 45-50 menit atau hingga matang dan berwarna kecokelatan.

8. Keluarkan dari Oven dan Dinginkan

Setelah matang, keluarkan kue dari oven dan biarkan dingin selama beberapa menit sebelum diangkat dari loyang.

9. Potong dan Sajikan

Setelah dingin, potong kue bolu tape singkong panggang sesuai dengan selera dan sajikan sebagai camilan atau makanan pencuci mulut.

Pentingnya Mengikuti Langkah Membuat Kue Bolu Tape Singkong Panggang dengan Benar

Untuk mendapatkan hasil kue bolu tape singkong panggang yang sempurna, sangat penting untuk mengikuti langkah-langkah pembuatan dengan benar. Pastikan Anda menggunakan bahan-bahan yang fresh dan berkualitas serta memperhatikan proporsi bahan yang digunakan. Jangan lupa untuk memanaskan oven terlebih dahulu sebelum memanggang adonan kue. Selain itu, perhatikan juga suhu dan waktu pemanggangan agar kue tidak terlalu kering atau gosong.

People also ask: Apa yang membuat kue bolu tape singkong panggang menjadi lezat? Jawabannya adalah karena kombinasi rasa manis dan legit dari tape singkong, gula dan telur yang tercampur dengan sempurna di dalam adonan kue. Selain itu, tekstur lembut dan empuk dari kue bolu tape singkong panggang juga membuatnya menjadi kue yang sangat disukai oleh banyak orang.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Bolu Tape Singkong Panggang ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :