Resep Kue Bolue Kukus 4 Telur

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Bolue Kukus 4 Telur salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Bolue Kukus 4 Telur

Kue bolu kukus merupakan salah satu jenis kue yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang lezat, kue bolu kukus juga mudah dibuat. Apalagi jika menggunakan resep kue bolu kukus 4 telur yang akan saya bagikan ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kue bolu kukus 4 telur, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 4 butir telur ayam
  • 150 gram gula pasir
  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 sendok teh emulsifier
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • 100 ml air matang
  • Pewarna makanan secukupnya

Cara membuat kue bolu kukus 4 telur

Setelah semua bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah memulai membuat kue bolu kukus 4 telur. Berikut adalah cara membuatnya:

1. Siapkan alat dan bahan

Pertama-tama, siapkan semua alat dan bahan yang akan digunakan. Pastikan Anda telah menimbang bahan-bahan tersebut dengan benar.

2. Kocok telur dan gula

Langkah selanjutnya adalah mengocok telur dan gula hingga mengembang dan berwarna putih pucat. Gunakan mixer dengan kecepatan tinggi untuk mempercepat proses pengocokan.

3. Tambahkan emulsifier

Setelah telur dan gula tercampur rata, tambahkan emulsifier dan kocok kembali hingga tercampur rata.

4. Tambahkan tepung terigu, baking powder, dan vanili bubuk

Campurkan tepung terigu, baking powder, dan vanili bubuk, lalu ayak ke dalam adonan telur dan gula. Aduk perlahan hingga tercampur rata.

5. Tambahkan air

Tambahkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata dan tidak menggumpal.

6. Tambahkan pewarna makanan

Jika ingin memberikan warna pada kue bolu kukus, tambahkan pewarna makanan secukupnya dan aduk hingga warna tercampur rata.

7. Tuang adonan ke dalam loyang

Selanjutnya, tuang adonan ke dalam loyang yang telah diolesi margarin dan ditaburi tepung terigu. Pastikan loyang tidak terlalu penuh karena adonan akan mengembang saat dikukus.

8. Kukus adonan

Kukus adonan selama kurang lebih 30-40 menit atau hingga matang. Gunakan api sedang saat mengukus agar adonan matang merata dan tidak cepat kering.

9. Tes kelarutan kue bolu kukus

Setelah matang, tes kelarutan kue bolu kukus dengan menusukkan tusuk gigi ke dalamnya. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti kue bolu kukus sudah matang.

10. Angkat dan sajikan

Angkat kue bolu kukus dari dalam loyang dan sajikan dalam piring saji. Kue bolu kukus 4 telur siap disantap bersama keluarga atau teman-teman.

People also ask: Bagaimana cara membuat kue bolu kukus yang lembut?

Untuk membuat kue bolu kukus yang lembut, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan dengan benar dan mengikuti semua langkah dalam resep dengan teliti. Selain itu, gunakan emulsifier dan baking powder agar kue bolu kukus bisa mengembang dengan baik. Selain itu, kukus adonan dengan api sedang agar matang merata dan tidak cepat kering. Jangan lupa tes kelarutan kue bolu kukus sebelum mengangkatnya dari dalam loyang.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Bolue Kukus 4 Telur ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :