Resep Kue Dari Tepung Ketan Sederhana

Posted on

Resep Kue Dari Tepung Ketan Sederhana salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Kue Dari Tepung Ketan Sederhana

Kue menjadi salah satu makanan yang paling digemari oleh banyak orang. Terlebih lagi jika kue tersebut memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang empuk. Salah satu jenis kue yang cukup populer adalah kue dari tepung ketan. Meski terkesan rumit, sebenarnya ada banyak resep kue dari tepung ketan sederhana yang bisa dicoba. Dalam artikel ini, kami akan membagikan resep kue dari tepung ketan sederhana yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Resep Kue dari Tepung Ketan Sederhana: Onde-onde Keju

Jika Anda menyukai kue tradisional Indonesia, maka onde-onde keju bisa menjadi pilihan yang tepat. Kue ini terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan keju dan gula merah. Berikut adalah resep onde-onde keju yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung ketan putih
  • 100 gram keju cheddar parut
  • 50 gram gula merah, serut
  • Air secukupnya
  • Tepung kanji secukupnya

Cara Membuat:

  1. Campurkan tepung ketan putih dengan air sedikit demi sedikit hingga adonan bisa dipulung. Uleni adonan hingga kalis.
  2. Buat bola-bola kecil dari adonan ketan.
  3. Isi bola ketan dengan keju cheddar parut dan gula merah serut.
  4. Bulatkan kembali bola ketan hingga isian tertutup rapat.
  5. Rebus bola ketan dalam air mendidih hingga bola mengapung.
  6. Angkat bola ketan dan gulingkan dalam tepung kanji.
  7. Sajikan onde-onde keju dalam piring saji.
Catatan:

Untuk membuat onde-onde keju yang enak, pastikan adonan ketan sudah kalis dan bola ketan sudah tertutup rapat saat diisi dengan keju dan gula merah. Rebus bola ketan hingga matang dan gulingkan dalam tepung kanji agar tidak lengket.

Itulah resep onde-onde keju dari tepung ketan sederhana yang bisa Anda coba di rumah. Selanjutnya, kami akan memberikan resep kue dari tepung ketan sederhana lainnya.

Resep Kue dari Tepung Ketan Sederhana: Lapis Ketan Pandan

Lapis ketan pandan adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung ketan dan santan. Kue ini memiliki warna hijau alami dari daun pandan yang digunakan sebagai pewarna alami. Berikut adalah resep lapis ketan pandan yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan-bahan:

  • 500 gram tepung ketan putih
  • 500 ml santan kental
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 3 lembar daun pandan, ambil airnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Campurkan tepung ketan dengan santan kental, gula pasir, garam, dan air daun pandan. Aduk hingga tercampur rata.
  2. Siapkan loyang berukuran 20×20 cm dan olesi dengan minyak goreng.
  3. Tuangkan adonan ketan secukupnya ke dalam loyang dan ratakan.
  4. Kukus adonan ketan selama 15 menit hingga matang.
  5. Balikkan adonan ketan ke atas talenan dan potong-potong sesuai selera.
  6. Sajikan lapis ketan pandan dalam piring saji.
Catatan:

Untuk membuat lapis ketan pandan yang enak, pastikan adonan ketan sudah tercampur rata dengan santan, gula, garam, dan air daun pandan. Gunakan santan kental agar adonan tidak terlalu cair. Kukus adonan hingga matang dan potong adonan ketan sesuai selera. Jika ingin warna hijau yang lebih terang, tambahkan pasta pandan atau pewarna makanan hijau.

Sekarang Anda sudah memiliki dua resep kue dari tepung ketan sederhana yang bisa dicoba di rumah. Selanjutnya, kami akan membahas tentang people also ask yang sering muncul saat mencari resep kue dari tepung ketan sederhana.

People also ask:

  1. Bagaimana cara membuat kue dari tepung ketan yang enak?
  2. Jawaban: Untuk membuat kue dari tepung ketan yang enak, pastikan adonan ketan sudah kalis dan isian sudah tertutup rapat. Rebus bola ketan hingga matang dan gulingkan dalam tepung kanji agar tidak lengket. Kukus adonan ketan hingga matang dan potong sesuai selera.

  3. Apa saja jenis kue dari tepung ketan?
  4. Jawaban: Ada banyak jenis kue dari tepung ketan, seperti onde-onde, lapis ketan, klepon, cenil, dan masih banyak lagi.

  5. Bisakah tepung ketan diganti dengan tepung terigu?
  6. Jawaban: Tidak bisa. Tepung ketan memiliki tekstur yang lebih lengket dan kenyal dibandingkan tepung terigu. Penggunaan tepung terigu dapat mengubah tekstur dan rasa kue.

Demikian artikel tentang resep kue dari tepung ketan sederhana. Selamat mencoba di rumah!

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Dari Tepung Ketan Sederhana ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :