Resep Kue Donat Empuk Untuk Jualan

Posted on

Inilah Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Kue Donat Empuk Untuk Jualan salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Kue Donat Empuk Untuk Jualan

Kue donat adalah salah satu kue yang populer di Indonesia. Kue donat empuk dan lezat menjadi favorit banyak orang. Tidak heran jika banyak yang mencari resep kue donat empuk untuk jualan. Sebagai koki profesional, saya akan berbagi resep donat empuk yang bisa Anda coba.

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue donat empuk ini cukup mudah didapatkan. Anda bisa membelinya di toko bahan kue terdekat atau di supermarket. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 500 gram tepung terigu protein sedang
  • 11 gram ragi instan
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2 butir telur
  • 100 ml air dingin
  • 100 ml susu cair
  • 50 gram mentega

Cara Membuat Adonan

Untuk membuat adonan donat empuk, pertama-tama campurkan tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan garam dalam wadah. Aduk rata dan buatlah lubang di tengah adonan. Pisahkan telur kuning dan putihnya. Masukkan kuning telur dalam lubang tadi, aduk perlahan sambil dituangkan susu cair dan air dingin. Aduk hingga adonan tercampur rata.

Penambahan Mentega

Tambahkan mentega dalam adonan sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis. Uleni adonan selama kurang lebih 15 menit. Diamkan adonan selama satu jam hingga mengembang dua kali lipat.

Pembentukan Donat

Setelah adonan mengembang, kempiskan adonan dan giling tipis. Gunakan cetakan donat untuk membentuk donat. Diamkan donat selama 30 menit hingga mengembang. Goreng donat dalam minyak panas hingga matang dan berwarna keemasan. Angkat dan tiriskan.

Demikian resep kue donat empuk untuk jualan yang bisa Anda coba. Selain resep ini, masih ada banyak variasi resep kue donat empuk yang bisa Anda temukan di internet atau buku masakan. Jangan ragu untuk mencoba resep-resep yang berbeda untuk menemukan resep yang paling pas untuk jualan Anda.

Sekarang, mari kita bahas tentang people also ask. Ada beberapa pertanyaan yang sering muncul terkait resep kue donat empuk untuk jualan, antara lain:

1. Apakah tepung terigu protein sedang bisa diganti dengan tepung terigu protein rendah?

Jawabannya, bisa. Namun, kue donat yang dihasilkan mungkin tidak seempuk kue donat yang dibuat dengan tepung terigu protein sedang. Tepung terigu protein sedang memiliki kandungan gluten yang lebih tinggi sehingga kue donat lebih empuk dan kenyal.

2. Bisakah menggunakan ragi instan yang sudah kadaluarsa?

Jawabannya, tidak disarankan. Ragi instan yang sudah kadaluarsa sudah kehilangan daya pengembangannya sehingga adonan kue tidak akan mengembang dengan baik.

3. Apa yang harus dilakukan agar donat tidak melempem?

Jawabannya, pastikan minyak goreng sudah cukup panas sebelum menggoreng donat. Jangan terlalu banyak menggoreng donat sekaligus agar minyak tetap panas. Setelah digoreng, tiriskan donat di atas kertas minyak atau tisu dapur agar minyak berlebih terserap.

Itulah beberapa pertanyaan yang sering muncul terkait resep kue donat empuk untuk jualan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari resep kue donat empuk untuk jualan.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Donat Empuk Untuk Jualan ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :