Resep Kue Ipau Dari Banjarmasin

Posted on

Resep Kue Ipau Dari Banjarmasin salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Kue Ipau Dari Banjarmasin

Kue ipau merupakan salah satu kue tradisional khas Banjarmasin yang sangat terkenal di Kalimantan Selatan. Kue ini memiliki tekstur yang unik dan rasa yang khas. Jika kamu ingin mencoba membuat kue ipau sendiri di rumah, berikut adalah resep yang bisa kamu coba.

Bahan-bahan

Untuk membuat kue ipau, kamu membutuhkan beberapa bahan berikut:

  • 200 gram tepung ketan
  • 100 gram tepung beras
  • 200 ml santan kental
  • 150 gram gula merah, serut
  • 1/2 sendok teh garam
  • Daun pisang secukupnya

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kue ipau:

1. Campurkan Bahan Kering

Campurkan tepung ketan, tepung beras, gula merah serut, dan garam dalam sebuah wadah.

2. Tambahkan Santan

Tuangkan santan sedikit-sedikit ke dalam campuran bahan kering sambil terus diaduk hingga adonan menjadi lembut dan kalis.

3. Kukus Adonan

Siapkan loyang dan olesi dengan sedikit minyak. Tuang adonan ke dalam loyang dan ratakan permukaannya. Kukus adonan selama sekitar 30-40 menit atau hingga matang.

4. Potong-potong Adonan

Setelah adonan matang, biarkan dingin sejenak dan potong-potong sesuai dengan selera. Bungkus masing-masing potongan dengan daun pisang.

5. Kukus Kembali

Kukus kembali potongan kue ipau selama sekitar 10-15 menit sebelum disajikan.

Selamat mencoba resep kue ipau dari Banjarmasin ini di rumah. Semoga berhasil!

Jangan lupa untuk menikmati kue ipau dengan secangkir teh atau kopi. Kue ini juga cocok disajikan sebagai hidangan penutup setelah makan siang atau malam.

Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang kue ipau, berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan:

1. Apa itu kue ipau?

Kue ipau adalah kue tradisional khas Banjarmasin yang terbuat dari campuran tepung ketan, tepung beras, santan, dan gula merah. Kue ini memiliki tekstur yang unik dan rasa yang khas.

2. Bagaimana cara membuat kue ipau?

Untuk membuat kue ipau, kamu perlu mencampurkan bahan kering seperti tepung ketan, tepung beras, gula merah serut, dan garam. Kemudian, tambahkan santan sedikit-sedikit dan aduk hingga adonan menjadi lembut dan kalis. Kukus adonan selama sekitar 30-40 menit atau hingga matang. Setelah itu, dinginkan dan potong-potong sesuai dengan selera. Bungkus masing-masing potongan dengan daun pisang dan kukus kembali selama sekitar 10-15 menit sebelum disajikan.

3. Dapatkah kue ipau disimpan dalam waktu yang lama?

Kue ipau dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama jika disimpan di dalam kulkas atau wadah kedap udara. Namun, sebaiknya kue ini dimakan dalam waktu 2-3 hari setelah dibuat untuk mendapatkan rasa yang terbaik.

4. Apa yang membuat kue ipau berbeda dari kue tradisional lainnya?

Kue ipau memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis dan gurih. Kue ini juga dibungkus dengan daun pisang yang memberikan aroma yang khas.

5. Dapatkah kue ipau dijadikan sebagai oleh-oleh?

Tentu saja! Kue ipau dapat dijadikan sebagai oleh-oleh yang cocok untuk dibawa pulang ke rumah atau diberikan sebagai hadiah kepada teman atau kerabat.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Ipau Dari Banjarmasin ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :