Resep Kue Kering Coklat Mede Renyah

Posted on

Resep Kue Kering Coklat Mede Renyah salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Kue Kering Coklat Mede Renyah

Kue kering coklat mede renyah adalah salah satu jenis kue yang disukai oleh banyak orang. Kue ini memiliki rasa yang enak, tekstur yang renyah, serta aroma yang harum. Untuk membuat kue ini, dibutuhkan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan dapat diolah dengan mudah. Berikut adalah resep kue kering coklat mede renyah yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kue kering coklat mede renyah, pastikan kamu telah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 150 gram mentega
  • 100 gram gula halus
  • 1 butir telur ayam
  • 225 gram tepung terigu
  • 25 gram coklat bubuk
  • 100 gram kacang mede, cincang halus
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 1/4 sendok teh garam

Cara Membuat Kue Kering Coklat Mede Renyah

Setelah menyiapkan semua bahan, kamu bisa langsung memulai membuat kue kering coklat mede renyah dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Kocok Mentega dan Gula

Pertama-tama, kocok mentega dan gula halus menggunakan mixer hingga tercampur rata dan teksturnya lembut. Kamu bisa menggunakan mixer dengan kecepatan rendah terlebih dahulu, kemudian naikkan kecepatannya secara perlahan.

People Also Ask: Apakah saya bisa menggunakan gula pasir biasa?

Jawaban: Ya, kamu bisa menggunakan gula pasir biasa sebagai pengganti gula halus. Namun, pastikan kamu menggiling gula pasir terlebih dahulu hingga halus sebelum digunakan.

Langkah 2: Tambahkan Telur Ayam

Selanjutnya, tambahkan telur ayam ke dalam adonan mentega dan gula. Kocok kembali menggunakan mixer hingga tercampur rata.

People Also Ask: Apakah saya bisa menggunakan telur bebek?

Jawaban: Ya, kamu bisa menggunakan telur bebek sebagai pengganti telur ayam. Namun, perlu diingat bahwa tekstur kue mungkin akan sedikit berbeda jika menggunakan telur bebek.

Langkah 3: Campurkan Tepung Terigu dan Coklat Bubuk

Campurkan tepung terigu, coklat bubuk, baking powder, vanili bubuk, dan garam dalam wadah terpisah. Aduk rata menggunakan sendok atau whisk.

People Also Ask: Apakah saya bisa menggunakan tepung terigu protein rendah?

Jawaban: Tepung terigu protein rendah dapat digunakan untuk membuat kue kering coklat mede. Namun, pastikan kamu menyesuaikan jumlah tepung terigu yang digunakan agar tekstur kue tetap renyah dan tidak lembek.

Langkah 4: Tambahkan Kacang Mede

Tambahkan kacang mede yang telah dicincang halus ke dalam adonan mentega dan gula. Aduk rata menggunakan spatula atau sendok kayu.

People Also Ask: Apakah saya bisa menggunakan kacang lain selain kacang mede?

Jawaban: Ya, kamu bisa menggunakan kacang lain seperti almond atau kacang kenari sebagai pengganti kacang mede. Namun, pastikan kamu mencincang kacang tersebut halus terlebih dahulu agar sesuai dengan tekstur kue yang diinginkan.

Langkah 5: Campurkan Adonan Tepung Terigu ke Adonan Mentega

Tuang adonan tepung terigu ke dalam adonan mentega sedikit-sedikit sambil diaduk menggunakan spatula atau sendok kayu. Aduk hingga adonan tercampur rata dan tidak ada gumpalan tepung.

People Also Ask: Apakah saya bisa menggunakan mixer untuk mencampurkan adonan?

Jawaban: Ya, kamu bisa menggunakan mixer untuk mencampurkan adonan. Namun, pastikan kamu menggunakan mixer dengan kecepatan rendah agar adonan tidak menjadi terlalu kental atau terlalu cair.

Langkah 6: Bentuk Adonan Menjadi Bulatan Kecil

Ambil sedikit adonan menggunakan sendok kecil atau tangan. Bentuk adonan menjadi bulatan kecil dengan ukuran yang sama. Letakkan adonan di atas loyang yang telah diolesi margarin atau dialasi baking paper.

People Also Ask: Apakah saya bisa menggunakan cetakan kue kering?

Jawaban: Ya, kamu bisa menggunakan cetakan kue kering untuk membentuk adonan. Namun, pastikan kamu menyesuaikan waktu dan suhu pemanggangan agar kue matang dengan sempurna.

Langkah 7: Panggang Adonan di dalam Oven

Panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 160 derajat Celsius selama 10-15 menit. Setelah itu, masukkan loyang yang berisi adonan ke dalam oven. Panggang selama 20-25 menit hingga kue matang dengan sempurna.

People Also Ask: Apakah saya bisa menggunakan microwave untuk memanggang kue?

Jawaban: Tidak, microwave tidak dapat digunakan untuk memanggang kue kering coklat mede. Gunakan oven yang telah dipanaskan dengan suhu dan waktu yang tepat agar kue matang dengan sempurna.

Itulah resep kue kering coklat mede renyah yang bisa kamu coba di rumah. Jangan lupa untuk menyesuaikan suhu dan waktu pemanggangan agar kue matang dengan sempurna. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Kering Coklat Mede Renyah ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :