Resep Kue Kering Dengan Kelapa Parut Kering

Posted on

Resep Kue Kering Dengan Kelapa Parut Kering salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Kue Kering Dengan Kelapa Parut Kering

Kue kering adalah salah satu jenis kue yang diminati oleh banyak orang karena rasanya yang enak dan teksturnya yang renyah. Salah satu bahan yang sering digunakan dalam membuat kue kering adalah kelapa parut kering. Kelapa parut kering memberikan rasa yang gurih dan aroma yang khas pada kue kering. Berikut adalah resep kue kering dengan kelapa parut kering yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat kue kering dengan kelapa parut kering, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 100 gram gula halus
  • 150 gram mentega
  • 1 butir telur
  • 50 gram kelapa parut kering, sangrai
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • Topping: kelapa parut kering, sangrai

Cara membuat

Setelah semua bahan-bahan tersedia, kamu bisa mulai membuat kue kering dengan kelapa parut kering dengan langkah-langkah berikut:

1. Ayak tepung terigu dan baking powder

Ambil wadah dan ayak tepung terigu dan baking powder. Kemudian tambahkan garam dan kelapa parut kering yang sudah disangrai. Aduk rata dan sisihkan.

2. Kocok mentega dan gula halus

Ambil wadah lain dan kocok mentega dan gula halus hingga lembut dan mengembang. Kemudian tambahkan telur dan kocok kembali hingga rata.

3. Campurkan bahan kering dan bahan basah

Tuangkan campuran bahan kering ke dalam campuran bahan basah sedikit-sedikit sambil diaduk rata. Aduk hingga adonan tercampur sempurna dan tidak ada gumpalan.

4. Bentuk adonan

Ambil adonan sebesar kelereng dan bulatkan. Kemudian pipihkan dengan menggunakan garpu atau tangan. Lakukan hingga semua adonan habis.

5. Taburi kelapa parut kering

Ambil kelapa parut kering yang sudah disangrai dan taburi di atas kue kering yang sudah dipipihkan. Lakukan hingga semua kue kering terbalut kelapa parut kering.

6. Panggang kue kering

Panaskan oven dengan suhu 150 derajat Celsius. Kemudian panggang kue kering selama 20-25 menit atau hingga matang dan kecoklatan. Angkat dan dinginkan sejenak.

7. Sajikan

Kue kering dengan kelapa parut kering siap disajikan. Kamu bisa menyimpannya dalam toples agar tetap renyah dan awet.

Varian rasa

Untuk variasi rasa, kamu bisa menambahkan cokelat bubuk atau kismis ke dalam adonan kue kering. Selain itu, kamu juga bisa mengganti kelapa parut kering dengan kacang almond atau wijen yang sudah disangrai.

Jadi itulah resep kue kering dengan kelapa parut kering yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba!

People also ask:

1. Apakah kelapa parut kering bisa diganti dengan kelapa parut yang masih segar?

Jawab: Kelapa parut segar memiliki kadar air yang lebih tinggi sehingga akan mempengaruhi tekstur dan rasa kue. Sebaiknya gunakan kelapa parut kering yang sudah disangrai.

2. Bagaimana cara menyimpan kue agar tetap renyah?

Jawab: Kamu bisa menyimpan kue dalam toples yang kedap udara dan jangan lupa menambahkan kertas roti di antara lapisan kue agar tidak lengket.

3. Apakah tepung terigu bisa diganti dengan tepung lain?

Jawab: Tepung terigu memiliki kandungan gluten yang membuat kue menjadi kenyal. Jika diganti dengan tepung lain, tekstur kue bisa berbeda. Namun, kamu bisa mencoba dengan tepung lain seperti tepung jagung atau tepung ketan.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Kering Dengan Kelapa Parut Kering ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :