Resep Kue Kering Khas Jakarta

Posted on

Resep Kue Kering Khas Jakarta salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Kue Kering Khas Jakarta

Kue kering adalah salah satu jenis kue yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Kue kering biasanya disajikan saat acara-acara tertentu seperti Lebaran, Natal, atau pernikahan. Kue kering juga bisa menjadi camilan yang nikmat saat santai di rumah atau saat berkumpul dengan keluarga dan teman-teman. Salah satu jenis kue kering yang terkenal di Jakarta adalah kue kering khas Jakarta. Kue ini memiliki rasa yang khas dan biasanya terbuat dari bahan-bahan sederhana yang mudah didapatkan di pasar.

Bahan-bahan

Untuk membuat kue kering khas Jakarta, kita membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:

  • 200 gram mentega
  • 100 gram gula halus
  • 2 butir kuning telur
  • 300 gram tepung terigu
  • 50 gram maizena
  • 50 gram tepung kacang tanah
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • Keju parut secukupnya

Cara Membuat

Berikut ini adalah cara membuat kue kering khas Jakarta:

1. Siapkan Bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue kering khas Jakarta. Pastikan semua bahan sudah dalam keadaan siap pakai dan suhu ruangan.

2. Kocok Mentega dan Gula

Siapkan mangkuk besar, masukkan mentega dan gula halus. Kocok menggunakan mixer dengan kecepatan sedang hingga mengembang dan berwarna pucat.

3. Tambahkan Kuning Telur

Tambahkan kuning telur satu per satu sambil terus dikocok menggunakan mixer dengan kecepatan sedang hingga adonan tercampur rata.

4. Tambahkan Tepung Terigu dan Maizena

Tambahkan tepung terigu dan maizena sedikit-sedikit sambil terus diaduk menggunakan spatula hingga adonan tercampur rata.

5. Tambahkan Tepung Kacang Tanah

Tambahkan tepung kacang tanah dan vanili bubuk sambil terus diaduk menggunakan spatula hingga adonan tercampur rata.

6. Bentuk Adonan

Ambil adonan secukupnya, bentuk bulat pipih atau sesuai selera. Letakkan di atas loyang yang sudah dioles mentega.

7. Taburi Keju Parut

Taburi keju parut di atas adonan kue. Pastikan keju terdistribusi merata.

8. Panggang

Panaskan oven pada suhu 150 derajat Celsius. Panggang kue selama 20-25 menit atau hingga matang dan berwarna kekuningan.

9. Dinginkan

Keluarkan kue dari oven dan biarkan dingin selama beberapa menit. Setelah dingin, kue kering khas Jakarta siap disajikan.

Variasi

Kue kering khas Jakarta juga bisa di-variasi dengan menambahkan bahan-bahan seperti cokelat bubuk, kismis, atau kacang almond. Anda juga bisa mencoba membuat kue kering khas Jakarta dengan bentuk yang berbeda, misalnya kotak atau segi empat.

People also ask, apakah kue kering khas Jakarta hanya bisa disajikan saat acara tertentu saja? Tidak, kue kering khas Jakarta bisa dinikmati kapan saja sebagai camilan atau sebagai teman minum teh atau kopi. Selain itu, kue kering khas Jakarta juga bisa menjadi oleh-oleh yang enak bagi teman atau kerabat yang berkunjung ke Jakarta. Yuk, coba buat kue kering khas Jakarta sendiri di rumah!

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Kering Khas Jakarta ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :