Resep Kue Kering Mudah Tanpa Oven Dan Mixer

Posted on

Resep Kue Kering Mudah Tanpa Oven Dan Mixer salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Kue Kering Mudah Tanpa Oven Dan Mixer

Kue kering menjadi salah satu camilan yang paling disukai banyak orang. Selain rasanya yang enak, kue kering juga terlihat cantik dan cocok untuk dijadikan sebagai hantaran atau cemilan saat berkumpul dengan keluarga atau teman. Namun, tidak semua orang memiliki oven atau mixer untuk membuat kue kering. Tenang saja, karena ada resep kue kering mudah tanpa oven dan mixer yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kue kering, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus kamu persiapkan:

1. Tepung Terigu

Bahan pertama yang harus kamu persiapkan adalah tepung terigu. Pastikan tepung yang kamu gunakan adalah tepung terigu serba guna atau tepung terigu protein sedang. Tepung terigu ini akan menjadi bahan dasar pembuatan kue kering.

2. Gula Halus

Bahan kedua yang harus kamu persiapkan adalah gula halus. Gula halus ini digunakan untuk memberikan rasa manis pada kue kering. Kamu bisa menggunakan gula pasir yang dihaluskan atau gula halus yang sudah tersedia di pasaran.

3. Margarin

Bahan ketiga yang harus kamu persiapkan adalah margarin. Margarin ini digunakan sebagai pengganti mentega dan akan memberikan kelembutan pada kue kering. Kamu bisa menggunakan margarin yang sudah dipotong kecil-kecil atau margarin dalam kemasan.

4. Telur

Bahan keempat yang harus kamu persiapkan adalah telur. Telur ini akan menjadi pengikat adonan dan membuat kue kering menjadi lebih kenyal. Kamu bisa menggunakan telur ayam atau telur bebek sesuai dengan selera.

5. Susu Cair

Bahan kelima yang harus kamu persiapkan adalah susu cair. Susu cair ini digunakan untuk memberikan kelembutan pada kue kering. Kamu bisa menggunakan susu cair segar atau susu cair dalam kemasan.

Cara Membuat Adonan Kue Kering

Setelah semua bahan sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah membuat adonan kue kering. Berikut adalah cara membuat adonan kue kering yang mudah tanpa oven dan mixer:

1. Langkah Pertama

Ambil wadah besar, lalu campurkan tepung terigu dan gula halus. Aduk rata menggunakan spatula atau sendok kayu.

2. Langkah Kedua

Tambahkan margarin ke dalam wadah, lalu aduk rata menggunakan spatula atau sendok kayu hingga margarin tercampur dengan tepung dan gula halus.

3. Langkah Ketiga

Pecahkan telur ke dalam wadah, lalu aduk rata menggunakan spatula atau sendok kayu hingga telur tercampur dengan adonan.

4. Langkah Keempat

Tuang susu cair ke dalam wadah, lalu aduk rata menggunakan spatula atau sendok kayu hingga adonan tercampur dengan susu cair.

5. Langkah Kelima

Aduk adonan dengan gerakan memutar selama kurang lebih 10 menit atau hingga adonan menjadi lembut dan tidak lengket di tangan. Jika adonan masih lengket, tambahkan sedikit tepung terigu hingga adonan tidak lengket di tangan.

Cara Membentuk Kue Kering

Setelah adonan sudah siap, langkah selanjutnya adalah membentuk kue kering. Berikut adalah cara membentuk kue kering yang mudah tanpa oven dan mixer:

1. Langkah Pertama

Ambil sedikit adonan, lalu bulatkan menggunakan tangan. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.

2. Langkah Kedua

Siapkan loyang datar, lalu olesi dengan sedikit margarin. Letakkan adonan kue kering di atas loyang dengan jarak yang cukup.

3. Langkah Ketiga

Siapkan panci besar, lalu isi dengan air. Panaskan air hingga mendidih, lalu letakkan loyang di atas panci dengan api kecil. Tutup panci dengan rapat, lalu biarkan kue kering matang selama kurang lebih 20-30 menit.

4. Langkah Keempat

Setelah kue kering matang, angkat dari panci, lalu biarkan dingin di atas rak selama kurang lebih 10 menit. Kue kering siap disajikan.

Sekarang kamu sudah bisa membuat kue kering mudah tanpa oven dan mixer. Nikmati camilan yang enak dan cantik ini bersama keluarga atau teman terdekatmu. Selamat mencoba!

Jawaban untuk pertanyaan People Also Ask:

Apa saja variasi rasa kue kering tanpa oven dan mixer yang bisa dibuat?

Kamu bisa menambahkan cokelat bubuk, kacang, keju, atau bahkan matcha powder untuk memberikan variasi rasa pada kue kering yang kamu buat. Variasi rasa ini akan membuat kue keringmu semakin lezat dan menarik.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Kering Mudah Tanpa Oven Dan Mixer ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :