Resep Kue Kuping Gajah Empuk Dan Renyah

Posted on

Resep Kue Kuping Gajah Empuk Dan Renyah salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Kue Kuping Gajah Empuk Dan Renyah

Kue kuping gajah adalah salah satu jenis kue tradisional yang populer di Indonesia. Kue ini memiliki bentuk yang unik dan menyerupai kuping gajah, sehingga menjadi salah satu faktor yang membuatnya menjadi favorit banyak orang. Namun, untuk membuat kue kuping gajah yang empuk dan renyah tidaklah mudah. Dibutuhkan resep yang tepat dan teknik yang benar agar kue dapat terlihat dan terasa sempurna. Dalam artikel ini, kami akan membagikan resep kue kuping gajah empuk dan renyah yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat kue kuping gajah, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan: – 500 gram tepung ketan – 150 gram tepung terigu protein sedang – 200 gram gula pasir – 1/2 sendok teh garam – 2 sendok teh ragi instan – 400 ml santan kental – 300 ml air matang – Minyak goreng secukupnya

Cara membuat adonan

1. Campurkan tepung ketan, tepung terigu, gula pasir, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata. 2. Tambahkan ragi instan ke dalam campuran tepung tadi. Aduk rata. 3. Tuang santan kental sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan hingga adonan tercampur rata. 4. Tambahkan air matang sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan kue kuping gajah tercampur rata dan tidak menggumpal. 5. Diamkan adonan selama 30 menit hingga mengembang.

Cara membuat kue kuping gajah

1. Panaskan wajan datar dengan api kecil. Tambahkan minyak goreng secukupnya. 2. Ambil satu sendok sayur adonan kue kuping gajah dan tuangkan ke wajan yang sudah dipanaskan. Ratakan adonan hingga membentuk lingkaran. 3. Biarkan adonan matang dan berubah warna menjadi kekuningan. Angkat dan dinginkan. 4. Ulangi langkah 2 dan 3 hingga adonan habis.

Cara penyajian

1. Kue kuping gajah siap disajikan. Anda bisa menambahkan taburan wijen atau parutan kelapa sebagai pelengkap. 2. Sajikan kue kuping gajah dengan segelas teh hangat atau kopi agar lebih nikmat. Untuk menjaga kualitas kue, sebaiknya jangan menumpuk kue kuping gajah dalam satu wadah karena dapat membuat kue menjadi lembab dan tidak renyah. Simpan kue dalam wadah kedap udara atau bungkus dengan plastik wrap. People also ask tentang resep kue kuping gajah empuk dan renyah: 1. Apa kunci sukses membuat kue kuping gajah empuk dan renyah? Jawaban: Kunci sukses membuat kue kuping gajah empuk dan renyah adalah menggunakan bahan yang tepat, seperti tepung ketan dan santan kental. Selain itu, penting untuk menambahkan ragi instan agar kue dapat mengembang dengan baik. 2. Apakah tepung ketan bisa diganti dengan tepung terigu? Jawaban: Tepung ketan tidak bisa diganti dengan tepung terigu karena kue kuping gajah yang empuk dan renyah membutuhkan tekstur yang kenyal dan lengket yang hanya bisa didapatkan dengan tepung ketan. 3. Apakah semua jenis ragi bisa digunakan dalam resep kue kuping gajah? Jawaban: Tidak semua jenis ragi bisa digunakan dalam resep kue kuping gajah. Gunakan ragi instan atau ragi roti untuk hasil yang lebih maksimal.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Kuping Gajah Empuk Dan Renyah ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :