Resep Kue Lapis Ketan Sarikaya

Posted on

Resep Kue Lapis Ketan Sarikaya salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Kue Lapis Ketan Sarikaya

Kue lapis ketan sarikaya adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang sangat populer. Kue ini terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti ketan, santan, dan gula. Meskipun terlihat sederhana, kue lapis ketan sarikaya memiliki rasa yang sangat lezat dan tekstur yang kenyal.

Bahan-bahan

Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue lapis ketan sarikaya:

  • 500 gram ketan putih
  • 500 ml santan kental
  • 200 gram gula pasir
  • 4 butir telur ayam
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 150 gram kaya serikaya
  • Pewarna makanan merah (opsional)

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kue lapis ketan sarikaya:

1. Cuci dan Rendam Ketan

Cuci ketan hingga bersih, kemudian rendam dalam air selama minimal 6 jam atau semalaman.

2. Buat Adonan Santan

Campurkan santan, gula, daun pandan, dan garam dalam panci. Panaskan dengan api sedang sambil diaduk hingga gula larut dan santan tercampur rata.

3. Masak Ketan

Tiriskan ketan dan masukkan ke dalam adonan santan. Aduk-aduk hingga ketan tercampur rata dengan santan dan adonan santan meresap ke dalam ketan. Masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk terus selama kurang lebih 30 menit atau hingga adonan mengental dan kalis.

4. Tambahkan Pewarna Makanan (Opsional)

Jika ingin memberikan warna merah pada lapisan kue, tambahkan pewarna makanan merah pada adonan ketan. Aduk rata.

5. Kocok Telur

Kocok telur hingga mengembang dan berwarna kuning pucat.

6. Tambahkan Serikaya

Tambahkan serikaya pada kocokan telur dan aduk rata.

7. Susun Lapisan Ketan dan Serikaya

Siapkan loyang yang telah dioles dengan minyak atau margarin. Tuang adonan ketan merah (jika menggunakan pewarna makanan) ke dalam loyang dan ratakan. Kemudian tuang adonan serikaya di atasnya dan ratakan. Ulangi proses ini hingga adonan habis.

8. Panggang Kue Lapis

Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius. Panggang kue lapis ketan sarikaya selama kurang lebih 30-40 menit atau hingga matang dan berwarna kecoklatan.

9. Hidangkan Kue Lapis Ketan Sarikaya

Setelah matang, biarkan kue lapis ketan sarikaya dingin terlebih dahulu sebelum dipotong dan disajikan.

Tips:

Jika ingin mempercepat proses memasak, adonan ketan dapat dimasak menggunakan rice cooker. Masukkan adonan ketan ke dalam rice cooker dan masak seperti biasa hingga matang.

People also ask:

1. Apa itu kue lapis ketan sarikaya?

Kue lapis ketan sarikaya adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang terbuat dari ketan, santan, gula, dan serikaya.

2. Bagaimana cara membuat kue lapis ketan sarikaya?

Cuci dan rendam ketan, buat adonan santan, masak ketan, tambahkan pewarna makanan, kocok telur, tambahkan serikaya, susun lapisan ketan dan serikaya, panggang kue lapis, dan terakhir hidangkan kue lapis ketan sarikaya.

3. Apa tips dalam membuat kue lapis ketan sarikaya?

Jika ingin mempercepat proses memasak, adonan ketan dapat dimasak menggunakan rice cooker. Masukkan adonan ketan ke dalam rice cooker dan masak seperti biasa hingga matang.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Lapis Ketan Sarikaya ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :