Resep Kue Lapis Kukus Manado

Posted on

Resep Kue Lapis Kukus Manado salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Kue Lapis Kukus Manado

Kue lapis kukus manado merupakan salah satu kue tradisional yang berasal dari daerah Manado, Sulawesi Utara. Kue ini terkenal dengan rasa manis dan legit yang menggoda selera. Kue lapis kukus manado biasanya dihidangkan pada acara-acara khusus seperti hari raya atau pernikahan. Berikut adalah resep kue lapis kukus manado yang dapat kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Untuk membuat kue lapis kukus manado, kamu memerlukan bahan-bahan berikut:

1. Tepung terigu

Untuk membuat kue lapis kukus manado, kamu membutuhkan tepung terigu sebanyak 500 gram. Tepung terigu ini akan digunakan sebagai bahan utama untuk membuat adonan kue.

2. Santan kelapa

Santan kelapa sebanyak 1 liter akan digunakan sebagai pengganti air untuk membuat adonan kue. Santan kelapa ini akan memberikan aroma dan rasa yang khas pada kue lapis kukus manado.

3. Gula pasir

Gula pasir sebanyak 500 gram akan digunakan sebagai pemanis pada kue lapis kukus manado. Kamu dapat menyesuaikan jumlah gula pasir sesuai dengan selera.

4. Telur ayam

Telur ayam sebanyak 10 butir akan digunakan sebagai bahan pengikat pada adonan kue. Telur ayam ini juga akan memberikan tekstur yang lembut pada kue lapis kukus manado.

5. Pewarna makanan

Pewarna makanan akan digunakan untuk memberikan warna pada lapisan kue. Kamu dapat menggunakan pewarna makanan yang berbeda-beda untuk setiap lapisan kue.

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kue lapis kukus manado:

1. Campurkan tepung terigu dengan santan kelapa

Campurkan tepung terigu dengan santan kelapa sedikit-sedikit sambil diaduk hingga adonan kue tercampur dengan baik.

2. Tambahkan gula pasir dan telur ayam

Tambahkan gula pasir dan telur ayam ke dalam adonan kue dan aduk hingga tercampur dengan baik.

3. Bagi adonan menjadi beberapa bagian

Bagi adonan kue menjadi beberapa bagian yang sama besar. Tambahkan pewarna makanan ke dalam masing-masing bagian adonan kue dan aduk hingga tercampur dengan baik.

4. Kukus adonan kue

Siapkan loyang dan olesi dengan sedikit minyak goreng. Tuang adonan kue yang pertama ke dalam loyang dan kukus selama 10-15 menit atau hingga matang. Lakukan hal yang sama pada adonan kue yang berikutnya hingga semua adonan habis.

5. Dinginkan kue lapis kukus manado

Setelah selesai dikukus, dinginkan kue lapis kukus manado hingga suhu ruangan.

Nah, itu tadi resep kue lapis kukus manado yang dapat kamu coba di rumah. Selamat mencoba!

People also ask:

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue lapis kukus manado?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue lapis kukus manado berkisar antara 1-2 jam tergantung pada jumlah adonan dan peralatan yang digunakan.

2. Apakah kue lapis kukus manado dapat disimpan dalam waktu lama?

Kue lapis kukus manado dapat disimpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas selama 2-3 hari.

3. Apakah kue lapis kukus manado dapat dibuat tanpa pewarna makanan?

Tentu saja bisa. Kamu dapat membuat kue lapis kukus manado tanpa pewarna makanan dan tetap akan memiliki rasa yang sama enaknya.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Lapis Kukus Manado ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :