Resep Kue Lapis Surabaya Fatmah Bahalwan

Posted on

Resep Kue Lapis Surabaya Fatmah Bahalwan salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Kue Lapis Surabaya Fatmah Bahalwan

Kue lapis surabaya adalah salah satu kue tradisional yang sangat populer di Indonesia. Kue ini terbuat dari bahan dasar telur, gula, tepung terigu, dan mentega. Kue lapis surabaya memiliki tekstur yang lembut dan rasanya yang manis. Resep kue lapis surabaya fatmah bahalwan adalah salah satu resep kue lapis surabaya yang sangat terkenal dan banyak dicari oleh orang-orang yang ingin membuat kue ini sendiri di rumah.

Sejarah Kue Lapis Surabaya Fatmah Bahalwan

Kue lapis surabaya fatmah bahalwan pertama kali dibuat oleh seorang wanita bernama Fatmah Bahalwan pada tahun 1930-an. Fatmah Bahalwan merupakan seorang ibu rumah tangga yang memiliki hobi memasak. Ia mencoba membuat kue lapis yang biasanya hanya terdiri dari dua lapisan menjadi lebih banyak lapisan. Hasilnya, ia berhasil membuat kue lapis yang terdiri dari 13 lapisan dengan rasa yang enak dan tekstur yang lembut.

Bahan-bahan Kue Lapis Surabaya Fatmah Bahalwan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue lapis surabaya fatmah bahalwan antara lain:

1. Telur Ayam

Gunakan 10 butir telur ayam dengan berat sekitar 500 gram.

2. Gula Pasir

Gunakan 250 gram gula pasir.

3. Tepung Terigu

Gunakan 250 gram tepung terigu protein sedang.

4. Mentega

Gunakan 250 gram mentega yang sudah dilelehkan.

5. Susu Cair

Gunakan 250 ml susu cair.

Cara Membuat Kue Lapis Surabaya Fatmah Bahalwan

1. Kocok telur dan gula pasir dengan kecepatan tinggi selama 10 menit hingga mengembang dan berwarna kuning pucat.

2. Masukkan tepung terigu sedikit-sedikit sambil terus dikocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata.

3. Tambahkan mentega yang sudah dilelehkan dan susu cair sambil terus diaduk hingga tercampur rata.

4. Bagi adonan menjadi 13 bagian yang sama besar.

5. Siapkan loyang berdiameter 20 cm dan olesi dengan mentega tipis-tipis. Panggang satu per satu lapisan adonan hingga matang dengan menggunakan oven suhu 150 derajat Celcius selama 7-10 menit.

6. Setiap lapisan yang sudah matang, angkat dan biarkan dingin.

7. Setelah semua lapisan sudah matang dan dingin, susun lapisan-lapisan kue dengan cara diolesi selai atau krim dan tumpuk satu per satu hingga terbentuk kue lapis surabaya fatmah bahalwan yang tinggi dan cantik.

8. Kue lapis surabaya fatmah bahalwan siap disajikan.

People Also Ask

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar resep kue lapis surabaya fatmah bahalwan beserta jawabannya:

1. Apa yang membuat kue lapis surabaya fatmah bahalwan berbeda dengan kue lapis surabaya lainnya?

Jawaban: Kue lapis surabaya fatmah bahalwan memiliki jumlah lapisan yang lebih banyak dari kue lapis surabaya pada umumnya. Kue ini terdiri dari 13 lapisan yang membuatnya lebih tinggi dan cantik.

2. Apa rahasia agar kue lapis surabaya fatmah bahalwan bisa lembut dan enak?

Jawaban: Rahasia agar kue lapis surabaya fatmah bahalwan bisa lembut dan enak adalah dengan mengocok adonan telur dan gula dengan kecepatan tinggi selama 10 menit hingga benar-benar mengembang dan berwarna kuning pucat. Selain itu, penggunaan mentega yang sudah dilelehkan juga membuat kue lebih lembut dan enak.

3. Apakah kue lapis surabaya fatmah bahalwan bisa disimpan dalam waktu yang lama?

Jawaban: Kue lapis surabaya fatmah bahalwan bisa disimpan dalam waktu yang lama jika disimpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas. Namun, kue ini lebih enak dimakan dalam waktu 1-2 hari setelah pembuatan.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Lapis Surabaya Fatmah Bahalwan ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :