Resep Kue Lemet Singkong Gula Merah

Posted on

Resep Kue Lemet Singkong Gula Merah salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Kue Lemet Singkong Gula Merah

Kue lemet singkong gula merah adalah salah satu kue tradisional yang cukup populer di Indonesia. Kue ini terbuat dari bahan dasar singkong dan gula merah yang memberikan rasa manis yang khas. Jika Anda ingin membuat kue ini di rumah, berikut adalah resep yang bisa Anda ikuti.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai pembuatan kue lemet singkong gula merah, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus disiapkan:

  • 500 gram singkong
  • 200 gram gula merah
  • 100 gram tepung ketan putih
  • 50 gram tepung tapioka
  • 1/2 sendok teh garam
  • Daun pisang secukupnya

Cara Membuat Kulit Kue

Langkah pertama dalam membuat kue lemet singkong gula merah adalah membuat kulit kue. Berikut adalah cara membuat kulit kue:

  1. Kupas singkong dan parut halus. Kemudian remas-remas singkong dengan menggunakan tangan hingga keluar airnya.
  2. Tambahkan tepung ketan putih, tepung tapioka, dan garam ke dalam singkong yang sudah diremas. Aduk rata hingga tercampur sempurna.
  3. Buat adonan menjadi bola-bola kecil dengan ukuran sekitar 4-5 cm.
  4. Ambil selembar daun pisang, letakkan bola adonan di atasnya, dan pipihkan hingga berbentuk lingkaran dengan ketebalan sekitar 1 cm.
  5. Letakkan selembar gula merah di atas kulit kue yang sudah dipipihkan.
  6. Kemudian, rapatkan kulit kue hingga gula merah terbungkus rapi. Lakukan hal yang sama untuk adonan kulit kue dan gula merah yang lain.

Cara Memasak Kue

Setelah membuat kulit kue, selanjutnya adalah memasak kue tersebut. Berikut adalah cara memasak kue lemet singkong gula merah:

  1. Panaskan air dalam panci hingga mendidih.
  2. Setelah air mendidih, masukkan kue lemet singkong gula merah yang sudah dibungkus daun pisang ke dalam air mendidih. Pastikan kue tidak menempel pada dasar panci.
  3. Masak kue selama sekitar 30-40 menit atau hingga kue matang sempurna.
  4. Setelah matang, angkat kue dan tiriskan.
  5. Kue lemet singkong gula merah siap disajikan.
Penyajian Kue

Untuk menyajikan kue lemet singkong gula merah, cukup letakkan kue di atas piring atau nampan saji. Kue ini bisa disajikan dalam keadaan hangat atau dingin, tergantung selera. Namun, kue ini lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan hangat.

Jawaban dari people also ask tentang kue lemet singkong gula merah adalah:

  • Bagaimana cara membuat gula merah?
  • Untuk membuat gula merah, Anda membutuhkan gula aren dan air. Caranya, masukkan gula aren dan air ke dalam panci, kemudian masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga gula aren larut dan mengental. Setelah itu, biarkan gula merah dingin dan siap digunakan.

  • Berapa lama kue lemet singkong gula merah bisa bertahan?
  • Kue lemet singkong gula merah bisa bertahan selama 2-3 hari jika disimpan di dalam kulkas. Namun, kue ini lebih nikmat jika langsung disajikan setelah dimasak.

  • Bisakah kue lemet singkong gula merah dibuat tanpa daun pisang?
  • Bisa. Jika tidak memiliki daun pisang, Anda bisa menggunakan plastik wrap untuk membungkus kue.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Lemet Singkong Gula Merah ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :