Resep Kue Tradisional Khas Kalimantan Barat

Posted on

Resep Kue Tradisional Khas Kalimantan Barat salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Kue Tradisional Khas Kalimantan Barat

Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan kuliner yang beragam. Salah satu kuliner khas yang dapat ditemukan di Kalimantan Barat adalah kue tradisional. Kue tradisional Kalimantan Barat memiliki cita rasa yang unik dan khas, sehingga sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Berikut ini adalah resep kue tradisional khas Kalimantan Barat yang dapat dicoba di rumah.

Lapis Talas

Lapis Talas adalah kue tradisional yang terbuat dari talas yang diparut dan dicampur dengan gula serta santan. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan aroma yang harum. Untuk membuat kue Lapis Talas, berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 500 gram talas yang sudah diparut
  • 200 gram gula pasir
  • 500 ml santan
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/2 sendok teh garam

Cara Membuat

1. Campurkan talas parut, gula pasir, santan, daun pandan, dan garam dalam satu wadah.

2. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.

3. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan dialasi dengan daun pisang.

4. Kukus adonan selama 30-40 menit hingga matang.

5. Angkat dan dinginkan sebelum dipotong-potong.

Tips

Untuk menghasilkan kue Lapis Talas yang lembut, gunakan talas yang masih segar dan jangan terlalu banyak mengaduk adonan saat proses pembuatan.

Klepon

Klepon adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan gula merah cair dan dilumuri dengan parutan kelapa. Kue ini memiliki rasa manis yang khas dan tekstur yang kenyal. Untuk membuat kue Klepon, berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 250 gram tepung ketan
  • 150 ml air pandan
  • 200 gram gula merah, serut
  • 100 gram kelapa parut kasar, kukus
  • Secukupnya air

Cara Membuat

1. Campurkan tepung ketan dan air pandan dalam satu wadah, aduk hingga tercampur rata.

2. Bulatkan adonan sebesar bola pingpong.

3. Pipihkan bola ketan dan beri isian gula merah, bulatkan kembali hingga gula merah tertutup rata.

4. Rebus air dalam panci hingga mendidih, masukkan bola ketan dan masak hingga bola ketan mengapung.

5. Angkat bola ketan dan tiriskan.

6. Gulingkan bola ketan pada kelapa parut kukus.

Tips

Untuk menghasilkan klepon yang kenyal dan tidak mudah hancur, jangan terlalu lama merebus bola ketan dan pastikan adonan tidak terlalu basah.

Bingka Ubi

Bingka Ubi adalah kue tradisional yang terbuat dari ubi kayu yang diparut dan dicampur dengan gula serta santan. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan aroma yang harum. Untuk membuat Bingka Ubi, berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 500 gram ubi kayu yang sudah diparut
  • 200 gram gula pasir
  • 500 ml santan
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/2 sendok teh garam

Cara Membuat

1. Campurkan ubi kayu parut, gula pasir, santan, daun pandan, dan garam dalam satu wadah.

2. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.

3. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan dialasi dengan daun pisang.

4. Kukus adonan selama 30-40 menit hingga matang.

5. Angkat dan dinginkan sebelum dipotong-potong.

Tips

Untuk menghasilkan Bingka Ubi yang lembut, gunakan ubi kayu yang masih segar dan jangan terlalu banyak mengaduk adonan saat proses pembuatan.

People also ask tentang resep kue tradisional khas Kalimantan Barat:

– Apa saja kue tradisional Kalimantan Barat yang terkenal?

– Bagaimana cara membuat kue Kemplang?

– Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue Kueh Jala?

– Bagaimana cara membuat kue Bingka Ambon yang lezat?

Jawaban:

– Beberapa kue tradisional Kalimantan Barat yang terkenal antara lain Kemplang, Kueh Jala, Bingka Ambon, Ampiang Dadiah, dan lain sebagainya.

– Untuk membuat kue Kemplang, Anda membutuhkan bahan-bahan seperti ikan tenggiri, tepung sagu, garam, bawang putih, dan air. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan semua bahan dalam satu wadah, aduk hingga tercampur rata, dan cetak adonan menjadi bentuk pipih. Kemudian, goreng hingga matang.

– Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue Kueh Jala antara lain tepung ketan, air pandan, air, gula pasir, kelapa parut, dan garam. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan tepung ketan, air pandan, dan air hingga tercampur rata, kemudian aduk dengan gula pasir dan garam. Setelah itu, tuang adonan ke dalam cetakan kue Jala dan kukus hingga matang. Sajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya.

– Untuk membuat kue Bingka Ambon yang lezat, Anda membutuhkan bahan-bahan seperti tepung sagu, gula pasir, garam, telur, santan, dan daun pandan. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan tepung sagu, gula pasir, dan garam dalam satu wadah. Kemudian, tambahkan telur dan santan sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga tercampur rata. Setelah itu, tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan dialasi dengan daun pandan. Kukus adonan selama 30-40 menit hingga matang. Angkat dan dinginkan sebelum dipotong-potong.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Tradisional Khas Kalimantan Barat ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :