Resep Kue Ubi Ungu Kukus Mekar

Posted on

Resep Kue Ubi Ungu Kukus Mekar salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Kue Ubi Ungu Kukus Mekar

Kue adalah salah satu makanan yang sangat disukai oleh banyak orang. Kue memiliki berbagai macam jenis dan rasa yang berbeda-beda. Salah satu jenis kue yang sedang populer saat ini adalah kue ubi ungu kukus mekar. Kue ini sangat digemari karena memiliki rasa yang manis dan lembut dengan warna ungu yang indah.

Resep Kue Ubi Ungu Kukus Mekar

Bahan-bahan:

  • 250 gram ubi ungu, kukus dan haluskan
  • 125 gram tepung ketan
  • 125 gram tepung terigu protein rendah
  • 75 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 300 ml santan
  • 1/2 sendok teh pewarna makanan ungu

Cara Membuat:

Pertama-tama, siapkan wadah dan campurkan tepung ketan, tepung terigu, gula pasir, garam, dan ragi instan. Aduk rata semua bahan tersebut.

1. Tambahkan Ubi Ungu

Selanjutnya, masukkan ubi ungu yang sudah dihaluskan ke dalam campuran tepung tadi. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.

2. Tambahkan Santan

Tuang santan sedikit-sedikit ke dalam campuran tepung sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata dan tidak ada gumpalan. Setelah adonan tercampur rata, tambahkan pewarna makanan ungu dan aduk kembali hingga warna merata.

3. Diamkan Adonan

Tutup adonan dengan kain bersih atau plastik wrap dan diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga adonan mengembang dan berbuih.

4. Siapkan Loyang dan Alat Kukus

Sambil menunggu adonan mengembang, siapkan loyang dan alat kukus. Olesi loyang dengan sedikit minyak goreng dan panaskan air dalam panci pengukus.

5. Kukus Adonan

Setelah adonan mengembang, aduk kembali adonan dan tuang ke dalam loyang yang sudah diolesi minyak goreng. Kukus adonan selama kurang lebih 20-25 menit atau hingga matang.

6. Angkat dan Sajikan

Setelah kue matang, angkat dan biarkan dingin sejenak. Setelah kue dingin, potong-potong kue dan sajikan sebagai hidangan penutup.

Demikianlah resep kue ubi ungu kukus mekar. Selamat mencoba!

Jawaban:

Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh banyak orang tentang kue ubi ungu kukus mekar adalah:

  • Bagaimana cara membuat kue ubi ungu kukus mekar?
  • Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue ubi ungu kukus mekar?
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue ubi ungu kukus mekar?
  • Bagaimana cara menyajikan kue ubi ungu kukus mekar?

Untuk pertanyaan pertama, cara membuat kue ubi ungu kukus mekar cukup mudah dan sederhana. Pertama-tama, campurkan tepung ketan, tepung terigu, gula pasir, garam, dan ragi instan. Selanjutnya, tambahkan ubi ungu yang sudah dihaluskan ke dalam campuran tepung tadi dan aduk rata. Setelah itu, tuangkan santan sedikit-sedikit ke dalam campuran tepung sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata dan mengembang. Kemudian, kukus adonan selama kurang lebih 20-25 menit atau hingga matang. Terakhir, angkat dan sajikan.

Untuk pertanyaan kedua, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue ubi ungu kukus mekar antara lain ubi ungu, tepung ketan, tepung terigu protein rendah, gula pasir, garam, ragi instan, santan, dan pewarna makanan ungu.

Untuk pertanyaan ketiga, waktu yang dibutuhkan untuk membuat kue ubi ungu kukus mekar adalah kurang lebih 1 jam untuk mengembangkan adonan dan 20-25 menit untuk mengukus kue.

Untuk pertanyaan keempat, cara menyajikan kue ubi ungu kukus mekar adalah dengan memotong-potong kue dan menyajikannya sebagai hidangan penutup.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Ubi Ungu Kukus Mekar ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :