Resep Kue Ulang Tahun Brownies Panggang

Posted on

Resep Kue Ulang Tahun Brownies Panggang salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Kue Ulang Tahun Brownies Panggang

Kue ulang tahun merupakan kue spesial yang selalu ditunggu-tunggu oleh banyak orang, terutama pada momen-momen spesial. Salah satu jenis kue ulang tahun yang banyak digemari adalah brownies panggang. Brownies panggang memiliki tekstur yang padat dan rasa yang enak sehingga cocok dijadikan sebagai kue ulang tahun. Berikut ini adalah resep kue ulang tahun brownies panggang yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat kue ulang tahun brownies panggang, pastikan Anda telah menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • 200 gram dark cooking chocolate, cincang kasar
  • 200 gram mentega
  • 4 butir telur
  • 200 gram gula pasir
  • 150 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram coklat bubuk
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh garam
  • 100 gram kacang almond cincang kasar

Cara Membuat

Berikut ini adalah tahapan-tahapan untuk membuat kue ulang tahun brownies panggang:

1. Siapkan dan Panaskan Oven

Panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 180 derajat Celsius. Kemudian, siapkan loyang bulat berdiameter 20 cm dan olesi dengan mentega dan taburi dengan tepung terigu.

2. Cairkan Dark Cooking Chocolate dan Mentega

Cairkan dark cooking chocolate dan mentega di atas panci yang telah diisi dengan air. Panaskan panci dengan api kecil dan aduk hingga mentega dan coklat meleleh.

3. Kocok Telur dan Gula Pasir

Kocok telur dan gula pasir dengan mixer hingga mengembang dan berwarna putih. Kemudian, masukkan campuran coklat dan mentega yang telah dicairkan ke dalam adonan telur dan gula pasir. Aduk hingga rata.

4. Ayak Tepung Terigu, Coklat Bubuk, Baking Powder, dan Garam

Ayak tepung terigu, coklat bubuk, baking powder, dan garam ke dalam campuran telur dan coklat. Aduk hingga rata dan tidak ada adonan yang menggumpal.

5. Tambahkan Kacang Almond

Tambahkan kacang almond cincang kasar ke dalam adonan dan aduk hingga rata.

6. Tuang Adonan ke dalam Loyang

Tuang adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan dan ratakan permukaannya dengan spatula.

7. Panggang dalam Oven

Panggang adonan dalam oven pada suhu 180 derajat Celsius selama 30-35 menit atau hingga matang. Untuk memastikan kue matang atau tidak, bisa menggunakan tusuk gigi. Jika tusuk gigi yang dicelupkan ke dalam kue keluar bersih, berarti kue telah matang.

8. Keluarkan Kue dari Oven dan Dinginkan

Keluarkan kue dari oven dan dinginkan di atas rak pendingin. Setelah dingin, kue siap disajikan.

Cara Penyajian

Kue ulang tahun brownies panggang dapat disajikan dengan cara yang beragam. Anda bisa menambahkan hiasan di atas kue, misalnya dengan menaburkan gula halus atau mencetak gambar di atas permukaan kue menggunakan coklat cair. Kue juga bisa disajikan bersama dengan es krim atau whipped cream untuk menambah rasa dan kesegaran.

People also ask, bagaimana cara membuat kue ulang tahun brownies panggang yang lembut dan enak? Untuk membuat kue ulang tahun brownies panggang yang lembut dan enak, pastikan Anda menggunakan bahan-bahan berkualitas dan mengikuti tahapan-tahapan dengan benar. Selain itu, jangan terlalu sering membuka oven ketika kue sedang dipanggang agar kue tidak mengempis. Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti buah-buahan atau kacang-kacangan untuk memberikan sensasi berbeda pada kue. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Ulang Tahun Brownies Panggang ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :