Resep Kue Ulang Tahun Panggang Oven

Posted on

Resep Kue Ulang Tahun Panggang Oven salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Kue Ulang Tahun Panggang Oven

Kue ulang tahun merupakan salah satu jenis kue yang paling sering dijumpai pada acara ulang tahun. Kue ini memiliki beragam bentuk, rasa, dan ukuran. Namun, salah satu jenis kue ulang tahun yang paling populer adalah kue ulang tahun panggang oven. Berikut ini adalah resep untuk membuat kue ulang tahun panggang oven yang lezat dan mudah dibuat.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum mulai membuat kue ulang tahun panggang oven, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu kamu persiapkan:

  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 200 gram gula pasir
  • 6 butir telur
  • 100 ml minyak sayur
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh emulsifier
  • 1 sendok teh pasta vanilla
  • Secukupnya pewarna makanan

Cara Membuat Adonan

Setelah bahan-bahan sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah membuat adonan. Berikut ini adalah cara membuat adonan kue ulang tahun panggang oven:

  1. Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 180 derajat Celcius.
  2. Ambil wadah dan masukkan telur bersama dengan gula pasir. Kocok hingga mengembang dan berwarna putih.
  3. Tambahkan emulsifier dan pasta vanilla ke dalam adonan telur dan gula. Aduk rata.
  4. Tambahkan tepung terigu dan baking powder ke dalam adonan secara bertahap sambil terus diaduk hingga rata.
  5. Tuang minyak sayur ke dalam adonan dan aduk kembali hingga rata.
  6. Tambahkan pewarna makanan ke dalam adonan dan aduk hingga merata.

Cara Membuat Kue

Setelah adonan sudah siap, langkah selanjutnya adalah membuat kue. Berikut ini adalah cara membuat kue ulang tahun panggang oven:

  1. Olesi loyang dengan mentega dan taburi tepung terigu agar tidak lengket.
  2. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan.
  3. Panggang adonan di dalam oven dengan suhu 180 derajat Celcius selama sekitar 30-40 menit atau hingga matang.
  4. Tes kematangan kue dengan menusukkan tusuk gigi ke dalam kue. Jika tidak ada adonan yang menempel, kue sudah matang.
  5. Keluarkan kue dari oven dan biarkan dingin sebelum dihias.
Cara Menghias Kue

Setelah kue sudah dingin, langkah terakhir adalah menghias kue sesuai dengan selera. Berikut ini adalah beberapa ide untuk menghias kue ulang tahun panggang oven:

  • Hias kue dengan menggunakan butter cream atau whipped cream. Kamu bisa memberikan warna-warna yang berbeda pada butter cream agar tampilan kue menjadi lebih menarik.
  • Hias kue dengan menggunakan buah-buahan segar. Buah-buahan seperti stroberi, kiwi, dan anggur dapat memberikan rasa segar pada kue.
  • Hias kue dengan menggunakan cokelat atau keju parut. Kamu bisa menaburkan cokelat atau keju parut di atas kue untuk memberikan rasa gurih yang lezat.

Dengan mengikuti resep ini, kamu bisa membuat kue ulang tahun panggang oven yang lezat dan mudah dibuat. Selamat mencoba!

Jawaban untuk pertanyaan umum pada resep kue ulang tahun panggang oven:

  • Apakah tepung terigu yang digunakan harus protein sedang? Ya, tepung terigu protein sedang merupakan jenis tepung yang paling cocok untuk membuat kue ulang tahun panggang oven.
  • Berapa lama kue harus dipanggang di dalam oven? Kue perlu dipanggang selama 30-40 menit atau hingga matang. Namun, waktu pemanggangan bisa berbeda tergantung pada suhu oven dan ukuran kue.
  • Apa saja bahan yang bisa digunakan untuk menghias kue? Kamu bisa menggunakan butter cream, whipped cream, buah-buahan segar, cokelat, atau keju parut untuk menghias kue.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Ulang Tahun Panggang Oven ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :