Resep Kue Widaran Dari Tepung Ketan

Posted on

Resep Kue Widaran Dari Tepung Ketan salah satu yang populer di internet. Kamu wajib simak di bawah ini. Resep Kue enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua.

Resep Kue Widaran Dari Tepung Ketan

Kue widaran merupakan salah satu jenis kue tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Kue ini terbuat dari tepung ketan dan gula merah yang diolah dengan cara digoreng. Rasanya yang gurih dan manis membuat kue ini menjadi salah satu favorit banyak orang. Berikut ini adalah resep kue widaran dari tepung ketan yang dapat Anda coba di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat kue widaran, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan:

  • 250 gram tepung ketan
  • 100 gram gula merah, serut halus
  • 1/2 sendok teh garam
  • 200 ml air matang
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Adonan

Langkah pertama dalam membuat kue widaran adalah membuat adonan. Caranya cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Campurkan tepung ketan, gula merah serut, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata.
  2. Tuang sedikit-sedikit air matang sambil terus diuleni hingga adonan menjadi kalis dan tidak lengket di tangan.
  3. Bulatkan adonan dan letakkan dalam sebuah wadah. Tutup dengan kain bersih dan diamkan selama 30 menit.

Cara Menggoreng Kue

Setelah adonan siap, langkah selanjutnya adalah menggoreng kue widaran. Berikut adalah cara menggoreng kue widaran yang benar:

  1. Panaskan minyak dalam wajan.
  2. Ambil sejumput adonan dan bentuk bulat-bulat kecil. Lakukan hingga adonan habis.
  3. Goreng kue widaran dalam minyak yang telah dipanaskan hingga berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  4. Kue widaran siap disajikan.
Penyajian Kue

Kue widaran dapat disajikan dalam berbagai acara, seperti saat berkumpul bersama keluarga atau sebagai camilan di waktu santai. Kue ini juga cocok disajikan sebagai oleh-oleh atau sebagai hadiah untuk orang terdekat. Sajikan kue widaran dalam piring atau wadah kecil yang menarik agar terlihat lebih menarik dan menggugah selera.

People also ask, bagaimana cara membuat kue widaran agar empuk dan kenyal? Untuk membuat kue widaran yang empuk dan kenyal, pastikan adonan tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah. Jangan terlalu banyak menggunakan tepung ketan sehingga adonan tidak terlalu keras. Selain itu, pastikan kue sudah benar-benar matang dan tidak terlalu lama digoreng agar tidak terlalu keras dan tidak lembek.

Terima kasih sudah membaca Resep Kue Widaran Dari Tepung Ketan ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :