Resep Sambal Ayam Bakar Mas Mono

Posted on

Inilah Resep Sambal Ayam Bakar Mas Mono salah satu yang populer di internet. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Ayam Bakar Mas Mono

Kamu seorang pecinta kuliner yang suka makan ayam bakar? Jika iya, kamu harus mencoba resep sambal ayam bakar mas mono. Sambal ayam bakar mas mono adalah salah satu masakan yang banyak disukai oleh orang Indonesia. Masakan ini memiliki cita rasa pedas, manis, dan gurih yang sangat khas. Nah, jika kamu ingin membuat sambal ayam bakar mas mono, berikut adalah resep lengkapnya.

Bahan-bahan

Sebelum membuat sambal ayam bakar mas mono, pastikan kamu menyiapkan semua bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 1 ekor ayam
  • 2 buah jeruk nipis
  • 6 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah
  • 10 buah cabai rawit
  • 5 butir kemiri
  • 2 ruas lengkuas
  • 3 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula merah
  • 100 ml air matang
  • 2 sdm minyak goreng

Cara Membuat

Setelah menyiapkan semua bahan-bahannya, langkah selanjutnya adalah membuat sambal ayam bakar mas mono. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Bersihkan Ayam

Pertama-tama, bersihkan ayam terlebih dahulu. Cuci dengan air bersih, lalu lumuri dengan jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 15 menit agar bumbu meresap.

2. Bakar Ayam

Panaskan grill atau teflon, kemudian bakar ayam sampai matang dan kecokelatan. Angkat dan sisihkan.

3. Haluskan Bumbu

Haluskan bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kemiri, dan lengkuas dengan blender atau ulekan.

4. Tumis Bumbu

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum. Tambahkan daun salam dan daun jeruk, aduk rata.

5. Masukkan Air Matang

Tuangkan air matang ke dalam tumisan bumbu, lalu tambahkan gula merah. Aduk rata dan masak sampai bumbu meresap dan matang.

6. Siramkan Sambal ke Ayam Bakar

Siramkan sambal yang sudah matang ke atas ayam bakar. Aduk rata dan diamkan selama 10 menit agar bumbu meresap.

7. Sajikan

Sambal ayam bakar mas mono siap disajikan. Kamu bisa menambahkan nasi putih dan sayur sebagai pelengkap.

Jangan lupa untuk menyajikan sambal ayam bakar mas mono dengan secangkir es teh atau jeruk nipis agar makananmu semakin lezat.

People Also Ask

Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang sambal ayam bakar mas mono adalah:

1. Apa bedanya sambal ayam bakar mas mono dengan sambal ayam bakar lainnya?

Sambal ayam bakar mas mono memiliki rasa pedas, manis, dan gurih yang sangat khas. Sambal ini juga menggunakan bahan-bahan yang berbeda dari sambal ayam bakar lainnya, seperti kemiri dan lengkuas.

2. Bisakah sambal ayam bakar mas mono disimpan dalam lemari es?

Ya, kamu bisa menyimpan sambal ayam bakar mas mono dalam lemari es selama 2-3 hari. Namun, pastikan kamu memasukkannya ke dalam wadah kedap udara agar sambal tidak cepat basi.

3. Bagaimana cara membuat ayam bakar yang empuk?

Untuk membuat ayam bakar yang empuk, kamu bisa menggunakan bumbu marinasi yang mengandung asam, seperti jeruk nipis atau cuka. Diamkan ayam dalam bumbu marinasi selama minimal 30 menit sebelum dibakar. Selain itu, pastikan ayam tidak terlalu lama dibakar agar tidak kering dan keras.

Sekian resep sambal ayam bakar mas mono dan jawaban atas beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Ayam Bakar Mas Mono ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :