Resep Sambal Bawang Gula Merah

Posted on

Inilah Resep Sambal Bawang Gula Merah salah satu yang populer di internet. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Bawang Gula Merah

Koki profesional selalu mencari cara baru untuk memberikan rasa yang unik pada makanan mereka. Salah satu teknik yang dapat dilakukan adalah dengan menambahkan sambal pada makanan. Sambal bawang gula merah adalah salah satu sambal yang dapat memberikan rasa yang pedas dan manis pada makanan. Berikut adalah resep untuk membuat sambal bawang gula merah.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat sambal bawang gula merah, pastikan bahwa kamu telah menyiapkan semua bahan-bahan berikut ini:

  • 10 buah cabai merah keriting
  • 5 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah tomat
  • 2 sdm gula merah yang telah diparut
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm minyak goreng

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat sambal bawang gula merah:

1. Persiapan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang telah disebutkan di atas. Kemudian, cuci bersih semua bahan tersebut.

2. Potong-potong

Potong cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan tomat menjadi ukuran yang lebih kecil agar mudah dihaluskan.

3. Tumis

Panaskan minyak goreng di dalam wajan. Tumis cabai merah, bawang merah, dan bawang putih hingga harum dan matang.

4. Blender

Setelah cabai dan bawang matang, masukkan ke dalam blender bersama dengan gula merah, tomat, dan garam. Blender hingga semua bahan tercampur dan halus.

5. Tumis Lagi

Panaskan kembali minyak goreng di dalam wajan. Tumis campuran bahan yang telah di-blender tadi hingga matang dan beraroma sedap.

6. Sajikan

Setelah sambal matang, kamu dapat langsung menyajikannya bersama dengan makanan kesukaanmu. Sambal bawang gula merah ini cocok disajikan dengan nasi goreng, mie goreng, atau bahkan sate.

Sambal bawang gula merah sangat populer di Indonesia. Banyak orang yang suka menambahkan sambal ini pada makanan mereka untuk memberikan rasa pedas dan manis yang khas. Namun, sambal bawang gula merah juga memiliki beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh orang-orang. Berikut adalah beberapa pertanyaan tersebut dan jawabannya:

Apakah sambal bawang gula merah dapat bertahan lama?

Ya, sambal bawang gula merah dapat bertahan lama jika disimpan di dalam wadah yang tertutup rapat dan diletakkan di dalam kulkas. Sambal ini dapat bertahan hingga 1 bulan.

Apakah sambal bawang gula merah dapat dibuat lebih pedas?

Tentu saja. Kamu dapat menambahkan lebih banyak cabai merah keriting untuk membuat sambal bawang gula merah lebih pedas. Namun, pastikan untuk mencicipi sambal terlebih dahulu sebelum menambahkan cabai merah keriting yang lebih banyak.

Apakah sambal bawang gula merah sehat untuk dikonsumsi?

Sambal bawang gula merah mengandung beberapa bahan-bahan yang dapat memberikan manfaat kesehatan. Misalnya, cabai merah keriting kaya akan vitamin C dan antioksidan. Namun, kamu harus tetap memperhatikan porsi dan frekuensi konsumsi sambal bawang gula merah agar tidak berlebihan dan dapat memberikan manfaat kesehatan yang optimal.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Bawang Gula Merah ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :