Resep Sambal Bawang Jeruk Limau

Posted on

Inilah Resep Sambal Bawang Jeruk Limau salah satu yang populer di internet. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Bawang Jeruk Limau

Kamu sedang mencari resep sambal bawang jeruk limau yang enak dan mudah dibuat? Kamu datang ke tempat yang tepat! Sebagai seorang koki profesional, saya akan berbagi resep sambal bawang jeruk limau yang lezat dan pasti akan memuaskan selera kamu. Berikut adalah resep yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat sambal bawang jeruk limau, pastikan kamu memiliki semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang harus kamu siapkan:

  • 10 buah cabai merah keriting
  • 5 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah jeruk limau
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat Sambal Bawang Jeruk Limau

Setelah semua bahan siap, kamu bisa langsung memulai membuat sambal bawang jeruk limau dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Siapkan Bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan seperti yang telah dijelaskan di atas. Pastikan semua bahan sudah dicuci bersih dan diiris kecil-kecil agar mudah dihaluskan.

2. Haluskan Bahan

Selanjutnya, haluskan cabai merah keriting, bawang merah, dan bawang putih dengan menggunakan blender atau cobek. Haluskan hingga benar-benar lembut dan tidak ada yang kasar.

3. Tumis Bahan Halus

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Setelah minyak panas, tumis bahan halus hingga harum dan matang. Jangan lupa tambahkan garam dan gula pasir, aduk rata.

4. Peras Jeruk Limau

Setelah bahan halus matang, peras jeruk limau dan tambahkan ke dalam wajan. Aduk rata dan masak selama beberapa menit agar bumbu meresap ke dalam sambal.

5. Angkat dan Sajikan

Terakhir, angkat sambal bawang jeruk limau dari wajan dan sajikan dalam mangkuk atau piring. Sambal siap untuk dinikmati bersama dengan berbagai jenis makanan seperti nasi, mie, atau ayam goreng.

Tips Membuat Sambal Bawang Jeruk Limau yang Lezat

Untuk mendapatkan sambal bawang jeruk limau yang benar-benar lezat, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut:

  • Gunakan cabai merah keriting yang segar dan masih terlihat hijau. Cabai yang sudah matang dapat membuat sambal menjadi terlalu pedas.
  • Tambahkan sedikit air saat menghaluskan bahan agar sambal tidak terlalu kental atau terlalu encer.
  • Selalu peras jeruk limau segar agar sari buahnya bisa memberikan rasa asam yang khas pada sambal.
  • Kamu bisa menambahkan bahan lain seperti tomat atau kecap manis untuk memberikan variasi pada rasa sambal.

Jadi, itulah resep sambal bawang jeruk limau yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba!

Jawaban pada People also ask:

Q: Apakah sambal bawang jeruk limau bisa bertahan lama?

A: Sambal bawang jeruk limau bisa bertahan lama jika disimpan dalam wadah kedap udara di dalam lemari es. Namun, rasanya akan menjadi kurang segar jika sudah disimpan terlalu lama, sebaiknya disimpan tidak lebih dari 2 minggu.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Bawang Jeruk Limau ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :