Resep Sambal Bawang Khas Bangka

Posted on

Inilah Resep Sambal Bawang Khas Bangka salah satu yang populer di internet. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Bawang Khas Bangka

Kamu pecinta makanan pedas? Apalagi kalau makan nasi uduk atau nasi goreng, pasti sambal bawang menjadi pelengkap yang wajib ada. Namun, kali ini kita akan membahas resep sambal bawang khas Bangka yang memiliki cita rasa yang berbeda dari sambal bawang pada umumnya. Simak resepnya berikut ini!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal bawang khas Bangka ini cukup sederhana dan mudah didapatkan. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang harus disiapkan:

  • 150 gram bawang merah
  • 5 buah cabai rawit (atau sesuai selera pedasnya)
  • 5 buah cabai merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh air asam jawa
  • 2 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat Sambal Bawang Khas Bangka

Setelah semua bahan sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah memasak dan mengolah bahan tersebut menjadi sambal bawang khas Bangka yang enak. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Iris Bahan-Bahan

Pertama-tama, iris bawang merah, cabai rawit, cabai merah, dan bawang putih tipis-tipis. Semakin tipis irisannya, semakin halus tekstur sambal bawang yang dihasilkan nantinya.

2. Tumis Bahan-Bahan

Panaskan minyak goreng di atas wajan dengan api sedang. Setelah itu, masukkan bawang putih dan tumis hingga harum. Kemudian, masukkan bawang merah, cabai rawit, dan cabai merah. Tumis hingga bahan-bahan layu dan empuk.

3. Tambahkan Gula dan Garam

Setelah bahan-bahan layu, tambahkan gula pasir dan garam. Aduk rata hingga bumbu tercampur sempurna.

4. Tambahkan Air Asam Jawa

Terakhir, tambahkan air asam jawa ke dalam adonan sambal bawang. Aduk rata dan masak hingga air asam jawa meresap dan sambal matang sempurna. Setelah itu, matikan api dan angkat sambal bawang dari wajan.

5. Sambal Bawang Khas Bangka Siap Disajikan

Sambal bawang khas Bangka siap disajikan sebagai pelengkap makanan favoritmu. Sajikan dalam porsi kecil sebagai sambal pendamping, atau dapat juga sebagai bahan campuran dalam masakan lainnya.

Bagaimana, mudah bukan? Dengan bahan-bahan sederhana dan cara pembuatan yang cukup mudah, kamu bisa membuat sambal bawang khas Bangka yang pedas dan nikmat. Selamat mencoba!

Jawaban dari pertanyaan People Also Ask:

1. Apa itu sambal bawang khas Bangka?

Jawaban: Sambal bawang khas Bangka adalah sambal bawang dengan cita rasa khas dari daerah Bangka Belitung. Sambal ini memiliki rasa yang pedas dan asam karena menggunakan air asam jawa sebagai bahan utamanya.

2. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sambal bawang khas Bangka?

Jawaban: Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sambal bawang khas Bangka antara lain bawang merah, cabai rawit, cabai merah, bawang putih, gula pasir, garam, air asam jawa, dan minyak goreng.

3. Bagaimana cara membuat sambal bawang khas Bangka?

Jawaban: Cara membuat sambal bawang khas Bangka cukup mudah, yaitu dengan mengiris bahan-bahan, menumis bahan-bahan, menambahkan gula dan garam, menambahkan air asam jawa, dan mematangkan sambal hingga siap disajikan.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Bawang Khas Bangka ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :