Resep Sambal Bawang Tahan Lama

Posted on

Inilah Resep Sambal Bawang Tahan Lama salah satu yang populer di internet. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Bawang Tahan Lama

Kamu mungkin sudah bosan dengan sambal bawang yang hanya tahan sehari atau dua hari saja. Oleh karena itu, saya akan berbagi resep sambal bawang tahan lama yang pasti akan membuat kamu terkesan. Mari kita mulai!

Bahan-bahan

Sebelum memulai, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bawang merah

Sambal bawang tentu saja harus menggunakan bawang merah sebagai bahan utamanya. Siapkan sekitar 500 gram bawang merah yang telah dikupas dan dicuci bersih. Haluskan bawang merah dengan blender atau food processor.

Bawang putih

Bawang putih menjadi bahan tambahan yang memberikan rasa gurih pada sambal bawang. Siapkan 10-15 siung bawang putih yang telah dikupas dan dicuci bersih. Haluskan bawang putih bersama bawang merah.

Cabe rawit

Cabe rawit akan memberikan rasa pedas pada sambal bawang. Siapkan sekitar 50-100 gram cabe rawit yang telah dicuci bersih. Jangan lupa untuk menghilangkan tangkai pada cabe rawit agar sambal bawang tidak terlalu banyak bijinya. Haluskan cabe rawit bersama bawang merah dan bawang putih.

Gula pasir

Untuk memberikan rasa manis pada sambal bawang yang pedas, tambahkan 1 sendok makan gula pasir saat menghaluskan bahan-bahan tersebut.

Garam

Tambahkan 1 sendok makan garam pada sambal bawang untuk memberikan rasa gurih yang pas.

Kecap manis

Kecap manis akan memberikan rasa karamel pada sambal bawang. Tambahkan 2 sendok makan kecap manis saat menghaluskan bahan-bahan tersebut.

Air jeruk nipis

Air jeruk nipis akan memberikan aroma segar pada sambal bawang. Tambahkan 2 sendok makan air jeruk nipis saat menghaluskan bahan-bahan tersebut.

Cara Membuat

Setelah semua bahan telah disiapkan, maka ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat sambal bawang tahan lama:

1. Tumis bahan halus

Panaskan 2 sendok makan minyak goreng pada wajan. Tumis bahan yang telah dihaluskan hingga harum dan matang. Pastikan tidak terlalu lama menumis bahan tersebut agar sambal bawang tidak terlalu pahit.

2. Tambahkan air

Tambahkan 200 ml air pada wajan dan aduk hingga rata. Tunggu hingga air mendidih dan sambal bawang terlihat berminyak.

3. Tambahkan bahan lainnya

Tambahkan 1 sendok makan gula pasir, 1 sendok makan garam, 2 sendok makan kecap manis, dan 2 sendok makan air jeruk nipis pada sambal bawang. Aduk hingga rata dan tunggu hingga sambal bawang kembali mendidih.

4. Matikan api

Setelah sambal bawang mendidih, matikan api dan biarkan sambal bawang dingin di dalam wajan selama 5-10 menit.

5. Masukkan dalam wadah

Setelah sambal bawang cukup dingin, masukkan ke dalam wadah yang telah disterilkan. Sambal bawang tahan lama siap disimpan dalam kulkas.

Itulah resep sambal bawang tahan lama yang bisa kamu coba di rumah. Jangan lupa untuk menyimpan sambal bawang di dalam wadah yang bersih dan tertutup rapat agar bisa bertahan lebih lama. Selamat mencoba!

Jawaban dari pertanyaan “people also ask”:

1. Berapa lama sambal bawang bisa bertahan jika disimpan di dalam kulkas?

Jawaban: Sambal bawang tahan lama bisa disimpan di dalam kulkas selama 1-2 bulan.

2. Bisakah sambal bawang tahan lama disimpan di dalam suhu ruangan?

Jawaban: Tidak disarankan untuk menyimpan sambal bawang tahan lama di dalam suhu ruangan karena bisa mempercepat proses pembusukan.

3. Apa yang harus dilakukan jika sambal bawang tahan lama terlihat berubah warna?

Jawaban: Jika sambal bawang tahan lama terlihat berubah warna, sebaiknya jangan digunakan karena bisa berbahaya bagi kesehatan.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Bawang Tahan Lama ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :