Resep Sambal Cumi Lombok Ijo

Posted on

Inilah Resep Sambal Cumi Lombok Ijo salah satu yang populer di internet. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Cumi Lombok Ijo

Resep Sambal Cumi Lombok Ijo Sambal cumi lombok ijo adalah hidangan khas Indonesia yang terkenal dengan rasa pedasnya yang khas. Resep ini merupakan kombinasi sempurna antara cumi yang empuk dengan bumbu sambal yang pedas dan segar. Berikut adalah resep sambal cumi lombok ijo yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat sambal cumi lombok ijo, pastikan kamu memiliki semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan: – 500 gram cumi segar – 10 buah cabai hijau (lombok ijo) – 5 buah cabai merah – 5 siung bawang putih – 3 buah tomat – 1 ruas jari jahe – 1 ruas jari kunyit – 1 sdm garam – 1 sdm gula – 2 sdm minyak goreng

Cara Membuat

Setelah bahan-bahan sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah membuat sambal cumi lombok ijo. Berikut adalah langkah-langkahnya: 1. Bersihkan cumi dengan baik dan potong-potong sesuai selera. Kemudian, rendam cumi dalam air jeruk nipis selama 10 menit agar tidak amis. 2. Haluskan cabai hijau, cabai merah, bawang putih, jahe, dan kunyit dengan blender atau ulekan. 3. Panaskan minyak goreng di wajan. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum. 4. Masukkan potongan cumi ke dalam wajan. Aduk rata hingga cumi tercampur dengan bumbu. 5. Masukkan garam dan gula. Aduk rata dan masak hingga cumi matang. 6. Setelah cumi matang, tambahkan potongan tomat. Aduk rata dan masak sebentar hingga tomat layu.

Tips

– Untuk mendapatkan cumi yang empuk, rendam cumi dalam air jeruk nipis atau air asam selama beberapa menit sebelum dimasak. – Jangan terlalu lama memasak cumi agar tidak keras dan kenyal. – Jika ingin sambal lebih pedas, tambahkan jumlah cabai hijau dan cabai merah sesuai selera.

Penyajian

Setelah sambal cumi lombok ijo matang, kamu bisa langsung menyajikannya dengan nasi putih hangat. Sambal ini juga cocok dijadikan sebagai pelengkap menu makan siang atau makan malam. People also ask: Apakah sambal cumi lombok ijo pedas? Jawaban: Ya, sambal cumi lombok ijo memiliki rasa pedas yang khas. Namun, kamu bisa menyesuaikan jumlah cabai hijau dan cabai merah sesuai dengan selera.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Cumi Lombok Ijo ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :