Resep Sambal Cumi Pedas Dan Enak

Posted on

Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Cumi Pedas Dan Enak salah satu yang populer di internet, tentunya sangat penting untuk Anda simak di bawah ini.

Resep Sambal Cumi Pedas Dan Enak

Kamu suka makanan pedas? Bagi para pecinta makanan pedas, sambal cumi pedas dan enak merupakan menu wajib untuk dicoba. Sambal cumi pedas dan enak sangat cocok disantap bersama nasi putih atau sebagai pelengkap hidangan seafood. Bagi kamu yang belum pernah mencoba membuat sambal cumi pedas dan enak, berikut ini adalah resepnya.

Bahan yang dibutuhkan:

Sebelum memulai membuat sambal cumi pedas dan enak, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahannya. Bahan yang dibutuhkan antara lain:

  • 500 gram cumi segar
  • 10 buah cabai rawit merah
  • 5 buah cabai merah besar
  • 5 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1 buah tomat
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm minyak goreng

Cara membuat:

Setelah semua bahan sudah disiapkan, kamu dapat memulai membuat sambal cumi pedas dan enak dengan cara berikut ini:

1. Membersihkan cumi

Cuci cumi dengan air mengalir kemudian potong-potong sesuai selera. Jangan lupa untuk membersihkan isi dan tulangnya.

2. Membuat bumbu

Iris halus bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai merah besar, dan tomat. Kemudian tumis bumbu dengan minyak goreng hingga harum.

3. Menambahkan cumi

Setelah bumbu sudah harum, masukkan potongan cumi ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata dan biarkan cumi matang hingga warnanya berubah menjadi putih kecoklatan.

4. Menambahkan gula dan garam

Tambahkan gula dan garam ke dalam cumi dan aduk rata. Kamu dapat menyesuaikan jumlah gula dan garam sesuai dengan selera masing-masing.

5. Masak hingga matang

Setelah semua bahan tercampur rata, masak sambal cumi dengan api kecil selama 10-15 menit hingga matang dan bumbu meresap ke dalam cumi.

6. Sajikan

Sambal cumi pedas dan enak siap disajikan bersama nasi putih atau sebagai pelengkap hidangan seafood lainnya.

Cara penyajian:

Sambal cumi pedas dan enak dapat disajikan dalam keadaan panas atau dingin. Kamu dapat menyajikannya bersama dengan nasi putih atau sebagai pelengkap hidangan seafood lainnya seperti ikan bakar atau udang goreng.

People also ask:

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat sambal cumi pedas dan enak?

A: Waktu yang dibutuhkan sekitar 30-40 menit, tergantung pada kecepatan memasak dan jumlah bahan yang digunakan.

Q: Bisakah sambal cumi pedas dan enak disimpan dalam waktu yang lama?

A: Ya, sambal cumi pedas dan enak dapat disimpan dalam kulkas selama 2-3 hari. Pastikan untuk menyimpannya dalam wadah tertutup rapat agar tidak mudah basi.

Q: Bisakah cabai rawit diganti dengan cabai lain?

A: Bisa, kamu dapat mengganti cabai rawit dengan cabai jenis lain seperti cabai hijau atau cabai besar. Namun, rasanya mungkin akan sedikit berbeda.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Cumi Pedas Dan Enak ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :