Resep Sambal Geprek Bawang Merah

Posted on

Inilah Resep Sambal Geprek Bawang Merah salah satu yang populer di internet. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Geprek Bawang Merah

Kamu sedang mencari resep sambal geprek yang enak dan pedas? Cobalah membuat sambal geprek bawang merah yang lezat ini! Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan cara pembuatan yang simpel, kamu bisa membuat sambal geprek yang enak dan pedas seperti di resto-resto.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat sambal geprek bawang merah, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus kamu siapkan:

  • 15 cabe rawit
  • 5 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh gula
  • 1/2 sendok teh kaldu bubuk
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Setelah semua bahan tersedia, kamu bisa mulai membuat sambal geprek bawang merah dengan langkah-langkah berikut:

1. Cuci bersih cabe rawit, tomat, bawang merah, dan bawang putih

Pertama-tama, cuci bersih semua bahan. Potong-potong cabe rawit, tomat, bawang merah, dan bawang putih agar lebih mudah saat dihaluskan.

2. Haluskan cabe rawit, tomat, bawang merah, dan bawang putih

Setelah semua bahan dipotong kecil-kecil, haluskan semua bahan tersebut dengan menggunakan blender atau cobek. Jangan terlalu halus, agar ada sensasi gigitan dari cabe rawit.

3. Tumis bumbu halus

Panaskan minyak goreng secukupnya dalam wajan. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Jangan lupa tambahkan garam, gula, dan kaldu bubuk. Aduk rata bumbu halus hingga bumbu meresap.

4. Geprek sambal

Setelah bumbu halus matang, angkat dan taruh di cobek. Geprek sambal dengan menggunakan ulekan hingga halus dan tercampur rata.

5. Sajikan

Sambal geprek bawang merah siap disajikan dengan ayam goreng, nasi putih, atau menu lainnya. Nikmati sensasi pedas dan gurih dari sambal geprek buatanmu sendiri.

Tips Tambahan

Untuk mendapatkan sambal geprek yang lebih nikmat, kamu bisa menambahkan sedikit air jeruk limau saat mengulek sambal. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan bahan lain seperti daun jeruk, daun salam, atau bawang goreng untuk menambahkan rasa dan aroma pada sambal geprek.

Jangan lupa untuk menyesuaikan jumlah cabe rawit yang digunakan dengan selera. Jika kamu tidak terlalu suka pedas, bisa mengurangi jumlah cabe rawit yang digunakan. Namun, jika kamu pencinta pedas, bisa menambahkan cabe rawit untuk mendapatkan rasa pedas yang lebih kuat.

People also ask: Apakah sambal geprek bawang merah bisa disimpan dalam waktu lama?

Sambal geprek bawang merah bisa disimpan dalam waktu lama jika disimpan di dalam kulkas dalam wadah tertutup rapat. Namun, disarankan untuk mengonsumsi sambal geprek dalam waktu 2-3 hari saja setelah dibuat untuk mendapatkan rasa yang lebih segar dan nikmat.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Geprek Bawang Merah ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :