Resep Sambal Goreng Ati Cabe Merah

Posted on

Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Resep Sambal Goreng Ati Cabe Merah salah satu yang populer di internet, tentunya sangat penting untuk Anda simak di bawah ini.

Resep Sambal Goreng Ati Cabe Merah

Kamu yang suka makanan pedas pasti sudah tidak asing lagi dengan sambal goreng ati cabe merah. Sambal ini terbuat dari bahan ati ampela dan cabe merah yang diolah dengan bumbu-bumbu yang khas sehingga menghasilkan rasa pedas yang nikmat. Bagi kamu yang ingin mencoba membuatnya di rumah, berikut ini adalah resep sambal goreng ati cabe merah yang bisa kamu coba.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat sambal goreng ati cabe merah, pastikan kamu menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Adapun bahan-bahan yang perlu disiapkan antara lain:

  • 500 gr ati ampela ayam
  • 20 buah cabe merah
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas jari lengkuas
  • 2 daun salam
  • 1 batang serai
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Setelah semua bahan sudah disiapkan, kamu bisa mulai memasak sambal goreng ati cabe merah dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Bersihkan Ati Ampela Ayam

Pertama-tama, bersihkan ati ampela ayam dengan air mengalir hingga bersih. Kemudian, potong-potong ati sesuai dengan selera, lalu tiriskan.

2. Goreng Ati Ampela Ayam

Panaskan minyak goreng dalam wajan, lalu goreng ati ampela ayam hingga matang dan berwarna kecoklatan. Setelah itu, angkat dan tiriskan.

3. Tumis Bumbu Halus

Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah, dan lengkuas. Kemudian, tumis bumbu halus tersebut hingga harum.

4. Tambahkan Serai dan Daun Salam

Tambahkan serai dan daun salam ke dalam tumisan bumbu halus, lalu aduk rata.

5. Masukkan Ati Ampela Ayam

Setelah itu, masukkan ati ampela ayam yang sudah digoreng ke dalam tumisan bumbu halus. Aduk rata hingga bumbu meresap ke dalam ati ampela ayam.

6. Tambahkan Garam dan Gula Pasir

Tambahkan garam dan gula pasir ke dalam tumisan ati ampela ayam, lalu aduk rata hingga bumbu meresap ke dalam ati ampela ayam.

7. Tambahkan Air

Tambahkan air secukupnya ke dalam tumisan ati ampela ayam, lalu masak hingga air menyusut dan bumbu meresap ke dalam ati ampela ayam.

8. Sajikan Sambal Goreng Ati Cabe Merah

Sambal goreng ati cabe merah siap disajikan. Kamu bisa menikmatinya bersama nasi putih hangat dan sayur tumis sebagai pelengkap.

Penyajian

Sambal goreng ati cabe merah bisa disajikan dalam keadaan hangat atau dingin. Kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas jika ingin disajikan dalam keadaan dingin.

Sambal goreng ati cabe merah ini cocok disajikan untuk acara keluarga atau teman-teman. Selain rasanya yang pedas dan nikmat, sambal goreng ati cabe merah juga mudah dan praktis untuk dibuat di rumah.

People also ask: Apakah sambal goreng ati cabe merah bisa disimpan dalam waktu yang lama?

Jawaban: Ya, sambal goreng ati cabe merah bisa disimpan dalam waktu yang lama selama disimpan dalam wadah kedap udara dan disimpan di dalam kulkas. Namun, pastikan sambal sudah dingin sebelum disimpan di dalam kulkas dan jangan lupa menghangatkan kembali sebelum disajikan.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Goreng Ati Cabe Merah ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :