Resep Sambal Goreng Ayam Goreng

Posted on

Inilah Resep Sambal Goreng Ayam Goreng salah satu yang populer di internet. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Goreng Ayam Goreng

Kamu ingin mencoba membuat hidangan yang sedap dan pedas? Cobalah resep sambal goreng ayam goreng yang sudah terkenal enak di seluruh Indonesia. Dalam resep ini, ayam goreng yang gurih dan empuk disajikan dengan sambal goreng yang pedas dan nikmat. Berikut adalah resep dan langkah-langkahnya.

Bahan-Bahan

Sebelum memulai memasak, pastikan kamu memiliki semua bahan yang dibutuhkan. Untuk membuat sambal goreng ayam goreng, kamu membutuhkan bahan-bahan berikut:

  • 1 ekor ayam, potong menjadi 10 bagian
  • 2 sendok makan garam
  • 1 sendok teh merica
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 2 batang serai, memarkan
  • 4 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 500 ml santan
  • 2 sendok makan minyak goreng

Langkah 1: Marinasi Ayam

Pertama-tama, campurkan ayam yang sudah dipotong dengan garam, merica, dan ketumbar. Aduk rata dan diamkan selama 1 jam agar bumbu meresap.

Langkah 2: Goreng Ayam

Panaskan minyak goreng dalam wajan dan masukkan ayam yang sudah dimarinasi. Goreng ayam hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan ayam dari minyak goreng.

Langkah 3: Membuat Sambal Goreng

Kemudian, panaskan sisa minyak goreng dalam wajan yang sama. Tumis serai, daun salam, dan daun jeruk. Masukkan santan dan biarkan mendidih. Setelah itu, masukkan ayam goreng ke dalam wajan dan aduk rata. Biarkan masak selama 10-15 menit hingga bumbu meresap. Angkat dan sajikan.

Itulah resep sambal goreng ayam goreng yang bisa kamu coba di rumah. Selamat mencoba!

People also ask:

Q: Apa yang bisa dijadikan pengganti ayam?

A: Kamu bisa menggunakan daging sapi atau daging kambing sebagai alternatif pengganti ayam.

Q: Apakah santan harus digunakan dalam resep ini?

A: Ya, santan sangat penting untuk memberikan rasa gurih pada sambal goreng ayam goreng. Namun, jika kamu tidak suka atau alergi dengan santan, kamu bisa menggantinya dengan susu atau air kelapa.

Q: Berapa lama sambal goreng ayam goreng bisa bertahan?

A: Sambal goreng ayam goreng bisa bertahan hingga 3-4 hari jika disimpan dalam kulkas dengan wadah yang tertutup rapat.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Goreng Ayam Goreng ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :