Resep Sambal Goreng Enak Dan Tahan Lama

Posted on

Inilah Resep Sambal Goreng Enak Dan Tahan Lama salah satu yang populer di internet. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Goreng Enak Dan Tahan Lama

Koki profesional pasti tahu bahwa tidak lengkap rasanya jika makanan yang dihidangkan tidak diiringi dengan sambal. Sambal goreng merupakan salah satu sambal yang paling populer di Indonesia. Sambal yang biasanya dimakan dengan nasi atau lauk-pauk ini memiliki rasa pedas yang khas dan cocok untuk lidah orang Indonesia. Namun, membuat sambal goreng yang enak dan tahan lama tidaklah mudah. Dalam artikel ini, kami akan membagikan resep sambal goreng enak dan tahan lama.

Bahan-Bahan

Sebelum kita mulai membuat sambal goreng, ada baiknya untuk menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 250 gram cabai merah keriting
  • 5 siung bawang putih
  • 10 butir bawang merah
  • 3 buah tomat
  • 1 sendok makan terasi
  • 2 sendok makan gula merah
  • 1 sendok teh garam
  • 100 ml minyak goreng

Cara Membuat

Setelah semua bahan tersedia, kita bisa mulai membuat sambal goreng. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Memotong Bahan

Pertama-tama, potong-potong cabai merah keriting, bawang putih, bawang merah, dan tomat. Potong-potong kecil agar mudah dihaluskan nanti.

2. Menggoreng Bahan

Setelah semua bahan dipotong, panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng cabai merah, bawang putih, bawang merah, dan tomat hingga matang. Angkat dan tiriskan.

3. Membuat Sambal Goreng

Setelah bahan digoreng, haluskan semua bahan dengan menggunakan blender atau ulekan. Tambahkan terasi, gula merah, dan garam. Aduk rata hingga merata.

4. Menggoreng Sambal

Panaskan kembali minyak goreng dalam wajan. Tumis sambal yang sudah dihaluskan hingga matang. Aduk terus agar tidak gosong. Setelah matang, angkat dan tiriskan.

5. Menyimpan Sambal

Sambal goreng yang sudah matang bisa disimpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas. Sambal goreng bisa bertahan hingga dua minggu jika disimpan dengan baik.

Dengan resep di atas, Anda bisa membuat sambal goreng enak dan tahan lama. Namun, jika Anda ingin menambahkan rasa lain pada sambal goreng, Anda bisa menambahkan bahan lain seperti kacang tanah, bawang bombay, atau bahan-bahan lain yang sesuai dengan selera Anda.

People also ask, bagaimana jika tidak ada terasi untuk membuat sambal goreng ini? Jangan khawatir, terasi bisa diganti dengan gula jawa yang sudah dihaluskan. Namun, rasanya akan sedikit berbeda dari sambal goreng yang menggunakan terasi.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Goreng Enak Dan Tahan Lama ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :