Resep Sambal Lamongan Pinggir Jalan

Posted on

Inilah Resep Sambal Lamongan Pinggir Jalan salah satu yang populer di internet. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Lamongan Pinggir Jalan

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan sambal, ya kan? Sambal merupakan salah satu bumbu yang wajib ada di meja makan orang Indonesia. Kali ini, saya akan berbagi resep sambal lamongan pinggir jalan yang sudah terkenal dengan rasa pedas dan nikmatnya. Simak baik-baik ya!

Kenapa Harus Memilih Sambal Lamongan Pinggir Jalan?

Sambal lamongan pinggir jalan merupakan salah satu sambal yang berasal dari Lamongan, Jawa Timur. Sambal ini memiliki rasa yang pedas dan nikmat. Selain itu, sambal ini sangat cocok untuk kamu yang suka makan pedas. Sambal lamongan pinggir jalan biasanya disajikan dengan ayam goreng atau nasi goreng. Yummy!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat sambal lamongan pinggir jalan, pastikan kamu telah menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

1. Cabe Rawit

Cabe rawit adalah bahan utama dalam sambal lamongan pinggir jalan. Kamu bisa memilih cabe rawit yang masih segar dan cerah warnanya. Cabe rawit yang segar akan memberikan rasa pedas yang lebih nikmat.

2. Bawang Merah

Bawang merah digunakan untuk memberikan aroma yang harum pada sambal. Pilihlah bawang merah yang segar dan berukuran sedang.

3. Bawang Putih

Bawang putih juga digunakan untuk memberikan aroma yang harum pada sambal. Kamu bisa memilih bawang putih yang segar dan berukuran sedang.

4. Tomat

Tomat digunakan untuk memberikan rasa segar dan asam pada sambal. Kamu bisa memilih tomat yang masih segar dan berukuran sedang.

5. Gula Merah

Gula merah digunakan untuk memberikan rasa manis pada sambal. Kamu bisa memilih gula merah yang berkualitas dan tidak terlalu keras.

6. Garam

Garam digunakan untuk memberikan rasa gurih pada sambal. Kamu bisa memilih garam yang berkualitas dan tidak terlalu asin.

7. Air Jeruk Nipis

Air jeruk nipis digunakan untuk memberikan rasa asam pada sambal. Kamu bisa memilih jeruk nipis yang masih segar dan tidak terlalu masam.

8. Minyak Goreng

Minyak goreng digunakan untuk menumis bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit. Kamu bisa memilih minyak goreng yang berkualitas dan tidak terlalu banyak mengandung lemak jahat.

Cara Membuat Sambal Lamongan Pinggir Jalan

Setelah semua bahan telah disiapkan, kamu bisa mulai membuat sambal lamongan pinggir jalan dengan cara berikut:

1. Pertama, panaskan minyak goreng di atas wajan.

2. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.

3. Masukkan cabe rawit dan tomat. Aduk rata hingga cabe rawit dan tomat layu.

4. Tambahkan gula merah dan garam. Aduk rata hingga gula merah dan garam larut.

5. Tambahkan air jeruk nipis. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

6. Angkat sambal dan sajikan bersama dengan ayam goreng atau nasi goreng.

Nikmati sambal lamongan pinggir jalan yang pedas dan lezat ini bersama keluarga dan teman-temanmu. Selamat mencoba!

People also ask, apakah sambal lamongan pinggir jalan hanya enak jika disajikan dengan ayam goreng atau nasi goreng? Tidak, sambal lamongan pinggir jalan juga cocok disajikan dengan berbagai jenis makanan seperti ikan goreng, tahu goreng, atau tempe goreng. Namun, jika kamu ingin mencoba sensasi yang berbeda, kamu bisa mencampurkan sambal lamongan pinggir jalan dengan makanan lain seperti mie atau kwetiau. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Lamongan Pinggir Jalan ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :