Resep Sambal Terong Ati Ampela

Posted on

Inilah Resep Sambal Terong Ati Ampela salah satu yang populer di internet. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Terong Ati Ampela

Kamu yang sedang mencari resep sambal terong ati ampela, kamu berada di tempat yang tepat! Sambal ini terbuat dari bahan-bahan yang mudah didapat dan sangat cocok untuk kamu yang suka pedas. Yuk, simak resepnya di bawah ini!

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat sambal terong ati ampela, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

  • 5 buah terong
  • 500 gram ati ampela ayam
  • 10 buah cabe rawit (bisa disesuaikan dengan selera)
  • 5 buah bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 50 ml minyak goreng

Cara Membuat

Setelah semua bahan tersedia, langkah selanjutnya adalah membuat sambal terong ati ampela. Berikut adalah cara membuatnya:

1. Memasak Ati Ampela dan Terong

Pertama-tama, cuci bersih ati ampela ayam dan potong-potong sesuai selera. Kemudian, rebus ati ampela hingga empuk. Setelah itu, tiriskan ati ampela dan sisihkan terlebih dahulu. Selanjutnya, cuci bersih terong dan potong-potong sesuai selera. Rebus terong hingga empuk, lalu tiriskan dan sisihkan.

2. Membuat Bumbu Halus

Siapkan blender atau cobek dan uleg, lalu haluskan cabe rawit, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Jangan terlalu halus, cukup hancur saja.

3. Menumis Bumbu Halus

Panaskan minyak goreng di atas wajan, kemudian tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Tambahkan garam dan gula pasir, aduk rata.

4. Menambahkan Ati Ampela dan Terong

Setelah bumbu halus matang, masukkan ati ampela dan terong yang sudah direbus tadi. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap dan terong serta ati ampela tercampur sempurna dengan bumbu. Sambal terong ati ampela siap disajikan!

Cara Menyajikan

Untuk menyajikan sambal terong ati ampela, kamu bisa langsung menuangkannya ke dalam mangkuk atau wadah saji. Sajikan sambal ini bersama dengan nasi putih hangat dan menu lainnya untuk menambah selera. Selamat mencoba!

Jawaban People Also Ask:

Apakah sambal terong ati ampela bisa bertahan lama?

Sambal terong ati ampela bisa bertahan lama dalam kulkas selama 2-3 hari. Namun, sebaiknya kamu memasukkannya ke dalam wadah tertutup agar tidak cepat rusak.

Apakah sambal terong ati ampela bisa dibuat lebih pedas?

Tentu saja! Kamu bisa menambahkan jumlah cabe rawit sesuai dengan selera pedasmu. Namun, jangan terlalu banyak agar tidak membuat sambal terong ati ampela terlalu pedas dan tidak enak untuk dikonsumsi.

Apa saja makanan yang cocok disajikan dengan sambal terong ati ampela?

Sambal terong ati ampela cocok disajikan dengan nasi putih hangat, ayam goreng, ikan goreng, atau menu lainnya yang kamu suka. Kamu juga bisa mencoba menyajikan sambal ini sebagai pelengkap untuk mie atau mi goreng.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Terong Ati Ampela ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :