Resep Sambal Terong Balado Sederhana

Posted on

Inilah Resep Sambal Terong Balado Sederhana salah satu yang populer di internet. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Terong Balado Sederhana

Koki profesional pastinya mempunyai resep andalan yang bisa diandalkan untuk membuat hidangan yang enak dan lezat. Salah satu resep yang banyak disukai adalah resep sambal terong balado sederhana. Sambal terong balado ini mempunyai rasa pedas yang khas dan cocok disajikan sebagai pelengkap makanan yang sedang kita santap. Berikut adalah resep sambal terong balado sederhana yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat sambal terong balado, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 10 buah terong ungu
  • 10 buah cabe merah keriting
  • 5 buah cabe rawit
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • Air secukupnya
  • Minyak untuk menumis

Cara membuat sambal terong balado sederhana

Setelah semua bahan sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah membuat sambal terong balado sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Potong terong dan cabe

Potong terong dan cabe merah keriting menjadi ukuran kecil-kecil. Jika kamu tidak suka pedas, bisa mengurangi jumlah cabe rawit yang digunakan atau bahkan tidak menggunakan cabe rawit sama sekali.

2. Tumis bawang merah dan bawang putih

Tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris tipis hingga harum dan berubah warna. Jangan sampai terlalu garing atau gosong.

3. Masukkan cabe dan terong

Masukkan cabe dan terong yang sudah dipotong ke dalam wajan. Tumis hingga terong matang dan warnanya berubah menjadi kecoklatan.

4. Tambahkan tomat

Tambahkan tomat yang sudah diiris kecil-kecil ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga tomat layu.

5. Tambahkan gula dan garam

Tambahkan gula pasir dan garam secukupnya ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan sebentar hingga semua bahan tercampur dengan baik.

6. Masukkan air

Masukkan air secukupnya ke dalam wajan. Aduk rata dan biarkan sebentar hingga semua bahan matang dan air menyusut.

7. Angkat dan sajikan

Setelah semua bahan matang, angkat sambal terong balado sederhana dan sajikan selagi masih hangat.

Itulah resep sambal terong balado sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Selain enak dan lezat, sambal ini juga mudah dibuat dan tidak memerlukan bahan yang sulit didapat. Kamu bisa menyesuaikan jumlah cabe rawit yang digunakan sesuai dengan selera. Selamat mencoba!

Jawaban untuk People also ask:

1. Apa saja makanan yang cocok disajikan dengan sambal terong balado?

Sambal terong balado cocok disajikan dengan makanan yang sedikit hambar seperti nasi putih, ayam goreng, tahu goreng, atau ikan goreng.

2. Apakah sambal terong balado bisa bertahan lama?

Jika disimpan di kulkas, sambal terong balado bisa bertahan hingga 1 minggu. Namun, sebaiknya dimakan dalam waktu 2-3 hari untuk menjaga kesegarannya.

3. Bisakah sambal terong balado dibuat tanpa terong?

Bisa, kamu bisa mengganti terong dengan sayuran lain seperti kentang, wortel, atau buncis.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Terong Balado Sederhana ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :