Resep Sambal Terong Ikan Teri

Posted on

Inilah Resep Sambal Terong Ikan Teri salah satu yang populer di internet. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Terong Ikan Teri

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan sambal terong ikan teri, hidangan khas Indonesia yang begitu lezat dan pedas. Dalam resep kali ini, kita akan membuat sambal terong ikan teri yang mudah dan enak untuk disajikan bersama nasi hangat. Simak resepnya di bawah ini!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai memasak, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sambal terong ikan teri ini. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

  • 2 buah terong ungu, potong-potong
  • 100 gram ikan teri, goreng
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah tomat
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat sambal terong ikan teri yang enak dan pedas:

1. Tumis Bumbu Halus

Pertama-tama, tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, dan cabai rawit merah dengan minyak goreng hingga harum dan matang. Kemudian, tambahkan tomat yang sudah diiris kecil-kecil dan tumis hingga layu.

2. Blender Bumbu Tumis

Setelah bumbu tumis sudah matang, blender bumbu tersebut hingga halus. Kamu juga bisa menggunakan cobek untuk menghaluskan bumbu jika tidak memiliki blender.

3. Tumis Terong

Tumis terong yang sudah dipotong-potong dengan sedikit minyak goreng hingga layu. Angkat dan sisihkan terong yang sudah ditumis.

4. Masak Bumbu Halus

Setelah bumbu halus sudah dihaluskan, masukkan kembali bumbu tersebut ke dalam wajan dan masak hingga matang. Kamu bisa menambahkan garam dan gula pasir secukupnya.

5. Tambahkan Air

Setelah bumbu sudah matang, tambahkan air secukupnya ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga mendidih.

6. Masukkan Ikan Teri

Setelah air sudah mendidih, masukkan ikan teri yang sudah digoreng ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga ikan teri tercampur dengan bumbu yang sudah matang.

7. Masukkan Terong

Setelah ikan teri sudah tercampur dengan bumbu, masukkan terong yang sudah ditumis ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga semua bahan tercampur dengan sempurna.

8. Matikan Api

Setelah semua bahan sudah tercampur dengan sempurna, matikan api dan angkat sambal terong ikan teri dari wajan. Sambal terong ikan teri siap disajikan.

Menyajikan Sambal Terong Ikan Teri

Sambal terong ikan teri ini sangat cocok disajikan bersama nasi hangat dan lauk pauk lainnya seperti ayam goreng atau ikan bakar. Kamu juga bisa menyajikan sambal terong ikan teri sebagai pelengkap untuk makanan-makanan tradisional seperti nasi uduk atau nasi kuning.

Jawaban untuk people also ask: Sambal terong ikan teri ini cocok untuk berapa orang?

Sambal terong ikan teri ini cocok disajikan untuk 4-6 orang. Jumlah ini dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan masing-masing.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Terong Ikan Teri ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :