Resep Sambal Untuk Daun Singkong

Posted on

Inilah Resep Sambal Untuk Daun Singkong salah satu yang populer di internet. Resep Sambal enak, mudah dibuat dan cocok untuk semua. Kamu wajib simak di bawah ini.

Resep Sambal Untuk Daun Singkong

Koki profesional selalu mencari cara untuk menghadirkan variasi masakan yang lezat dan sehat. Salah satu resep yang dapat dicoba adalah sambal untuk daun singkong. Sambal ini cocok disajikan sebagai pelengkap makanan berat atau sebagai lauk yang lezat dengan nasi putih. Berikut adalah resep sambal untuk daun singkong yang dapat dicoba.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat sambal, pastikan bahan-bahan yang diperlukan telah siap. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

  • 250 gram daun singkong segar
  • 5 buah cabai merah besar
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah tomat merah
  • 1 sendok makan gula merah
  • 1 sendok teh garam
  • 2 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat

Setelah bahan-bahan siap, langkah selanjutnya adalah membuat sambal untuk daun singkong. Berikut adalah cara membuatnya:

Langkah 1: Cuci Bersih Daun Singkong

Cuci bersih daun singkong menggunakan air mengalir dan tiriskan. Jangan lupa untuk membuang tulang daun singkong karena tidak dapat dimakan dan dapat membuat sambal menjadi pahit.

Langkah 2: Tumis Bawang Putih dan Cabai

Iris bawang putih dan cabai merah besar. Panaskan minyak goreng dalam wajan dan tumis bawang putih dan cabai hingga harum.

Langkah 3: Tambahkan Tomat dan Gula Merah

Iris tomat merah dan tambahkan ke dalam wajan. Tambahkan gula merah dan aduk rata.

Langkah 4: Masukkan Daun Singkong

Masukkan daun singkong yang telah dicuci bersih ke dalam wajan. Aduk rata dan tambahkan garam. Tunggu hingga daun singkong layu dan matang sempurna.

Langkah 5: Angkat dan Sajikan

Ambil sambal daun singkong dari wajan dan letakkan di atas piring saji. Sambal daun singkong siap disajikan sebagai pelengkap makanan atau sebagai lauk.

Jangan lupa untuk mencicipi sambal daun singkong yang telah dibuat dan sesuaikan dengan selera masing-masing. Selamat mencoba!

Jawaban untuk people also ask:

1. Apa saja manfaat dari daun singkong?

Daun singkong mengandung banyak nutrisi, seperti protein, vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi. Konsumsi daun singkong secara teratur dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan tulang dan gigi.

2. Apakah daun singkong dapat dimakan mentah?

Tidak disarankan untuk mengonsumsi daun singkong mentah karena dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan. Oleh karena itu, daun singkong sebaiknya dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

3. Bagaimana cara memilih daun singkong yang baik?

Pilih daun singkong yang segar dan berwarna hijau cerah. Pastikan juga tidak ada bagian yang layu atau rusak pada daun singkong yang akan dibeli.

Terima kasih sudah membaca Resep Sambal Untuk Daun Singkong ini sampai selesai. Ada banyak artikel menarik lainnya, seperti :